Sinopsis Buku Laskar Pelangi

Updated: Laskar Pelangi The Movie (review in English)

Dukung: Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

Beberapa waktu ini Tetralogi Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata kian mewangi kembali. Ada apa gerangan? Yup, betul. Buku pertama dari tetralogi tersebut, Laskar Pelangi kini diangkat ke layar lebar.

Bagi yang sudah membaca bukunya mungkin menonton film laskar pelangi bukan sesuatu yang rumit untuk dipahami. Tapi, bagi yang belum pernah baca bukunya berikut aye tulis sinopsis novel laskar pelangi yang aye dapet dari salah satu milis yang aye ikuti. Moga bermanfaat bagi pengembangan dunia pendidikan kita.

Sinopsis Buku Laskar Pelangi

sinopsis buku laskar pelangi

Diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh penulisnya sendiri, buku “Laskar Pelangi” menceritakan kisah masa kecil anak-anak kampung dari suatu komunitas Melayu yang sangat miskin Belitung. Anak orang-orang ‘kecil’ ini mencoba memperbaiki masa depan dengan menempuh pendidikan dasar dan menengah di sebuah lembaga pendidikan yang puritan. Bersebelahan dengan sebuah lembaga pendidikan yang dikelola dan difasilitasi begitu modern pada masanya, SD Muhammadiyah-sekolah penulis ini, tampak begitu papa dibandingkan dengan sekolah-sekolah PN Timah (Perusahaan Negara Timah). Mereka, para native Belitung ini tersudut dalam ironi yang sangat besar karena kemiskinannya justru berada di tengah-tengah gemah ripah kekayaan PN Timah yang mengeksploitasi tanah ulayat mereka.

Kesulitan terus menerus membayangi sekolah kampung itu. Sekolah yang dibangun atas jiwa ikhlas dan kepeloporan dua orang guru, seorang kepala sekolah yang sudah tua, Bapak Harfan Efendy Noor dan ibu guru muda, Ibu Muslimah Hafsari, yang juga sangat miskin, berusaha mempertahankan semangat besar pendidikan dengan terseok-seok. Sekolah yang nyaris dibubarkan oleh pengawas sekolah Depdikbud Sumsel karena kekurangan murid itu, terselamatkan berkat seorang anak idiot yang sepanjang masa bersekolah tak pernah mendapatkan rapor. Sekolah yang dihidupi lewat uluran tangan para donatur di komunitas marjinal itu begitu miskin: gedung sekolah bobrok, ruang kelas beralas tanah, beratap bolong-bolong, berbangku seadanya, jika malam dipakai untuk menyimpan ternak, bahkan kapur tulis sekalipun terasa mahal bagi sekolah yang hanya mampu menggaji guru dan kepala sekolahnya dengan sekian kilo beras-sehingga para guru itu terpaksa menafkahi keluarganya dengan cara lain. Sang kepala sekolah mencangkul sebidang kebun dan sang ibu guru menerima jahitan.

Kendati demikian, keajaiban seakan terjadi setiap hari di sekolah yang dari jauh tampak seperti bangunan yang akan roboh. Semuanya terjadi karena sejak hari pertama kelas satu sang kepala sekolah dan sang ibu guru muda yang hanya berijazah SKP (Sekolah Kepandaian Putri) telah berhasil mengambil hati sebelas anak-anak kecil miskin itu.

Dari waktu ke waktu mereka berdua bahu membahu membesarkan hati kesebelas anak-anak marjinal tadi agar percaya diri, berani berkompetisi, agar menghargai dan menempatkan pendidikan sebagai hal yang sangat penting dalam hidup ini. Mereka mengajari kesebelas muridnya agar tegar, tekun, tak mudah menyerah, dan gagah berani menghadapi kesulitan sebesar apapun. Kedua guru itu juga merupakan guru yang ulung sehingga menghasilkan seorang murid yang sangat pintar dan mereka mampu mengasah bakat beberapa murid lainnya. Pak Harfan dan Bu Mus juga mengajarkan cinta sesama dan mereka amat menyayangi kesebelas muridnya. Kedua guru miskin itu memberi julukan kesebelas murid itu sebagai para Laskar Pelangi.

Keajaiban terjadi ketika sekolah Muhamaddiyah, dipimpin oleh salah satu laskar pelangi mampu menjuarai karnaval mengalahkan sekolah PN dan keajaiban mencapai puncaknya ketika tiga orang anak anggota laskar pelangi (Ikal, Lintang, dan Sahara) berhasil menjuarai lomba cerdas tangkas mengalahkan sekolah-sekolah PN dan sekolah-sekolah negeri. Suatu prestasi yang puluhan tahun selalu digondol sekolah-sekolah PN.

Tak ayal, kejadian yang paling menyedihkan melanda sekolah Muhamaddiyah ketika Lintang, siswa paling jenius anggota laskar pelangi itu harus berhenti sekolah padahal cuma tinggal satu triwulan menyelesaikan SMP. Ia harus berhenti karena ia anak laki-laki tertua yang harus menghidupi keluarga sebab ketika itu ayahnya meninggal dunia. Native Belitong kembali dilanda ironi yang besar karena seorang anak jenius harus keluar sekolah karena alasan biaya dan nafkah keluarga justru disekelilingnya PN Timah menjadi semakin kaya raya dengan mengekploitasi tanah leluhurnya.

Meskipun awal tahun 90-an sekolah Muhamaddiyah itu akhirnya ditutup karena sama sekali sudah tidak bisa membiayai diri sendiri tapi semangat, integritas, keluruhan budi, dan ketekunan yang diajarkan Pak Harfan dan Bu Muslimah tetap hidup dalam hati para laskar pelangi. Akhirnya kedua guru itu bisa berbangga karena diantara sebelas orang anggota laskar pelangi sekarang ada yang menjadi wakil rakyat, ada yang menjadi research and development manager di salah satu perusahaan multi nasional paling penting di negeri ini, ada yang mendapatkan bea siswa international kemudian melakukan research di University de Paris, Sorbonne dan lulus S2 dengan predikat with distinction dari sebuah universitas terkemuka di Inggris. Semua itu, buah dari pendidikan akhlak dan kecintaan intelektual yang ditanamkan oleh Bu Mus dan Pak Harfan. Kedua orang hebat yang mungkin bahkan belum pernah keluar dari pulau mereka sendiri di ujung paling Selatan Sumatera sana.

Banyak hal-hal inspiratif yang dimunculkan buku ini. Buku ini memberikan contoh dan membesarkan hati. Buku ini memperlihatkan bahwa di tangan seorang guru, kemiskinan dapat diubah menjadi kekuatan, keterbatasan bukanlah kendala untuk maju, dan pendidikan bermutu memiliki definisi dan dimensi yang sangat luas. Paling tidak laskar pelangi dan sekolah miskin Muhamaddiyah menunjukkan bahwa pendidikan yang hebat sama sekali tak berhubungan dengan fasilitas. Terakhir cerita laskar pelangi memberitahu kita bahwa bahwa guru benar-benar seorang pahlawan tanpa tanda jasa.

Baca juga: Sinopsis novel laskar pelangi
Kunjungi juga: Scholarship Link


Update!! Semua yang berkaitan dengan Cari duit di Internet dialihkan ke Cari duit di Internet

About these ads

83 Responses to “Sinopsis Buku Laskar Pelangi”


  1. 1 nurul Oktober 24, 2008 pukul 5:14 am

    laskar pelangi membuatku terharu,terbahak-bahak. dan mengerti makna dari sebuah kehidupan.

  2. 2 bangzenk Oktober 27, 2008 pukul 12:17 am

    @nurul,

    Alhamdulillah.. semoga kesadaran itu tumbuh bukan sekedar sesaat :)

  3. 3 hmcahyo Oktober 30, 2008 pukul 4:31 am

    wah sayangnya banyak murid2 smp/smu yang belum tahu novelnya … jadi pas saya tanya mereka hanya cengar-cengir… kalo lagunya nidji yang laskar pelangi mereka tahu…

    atau budaya baca mereka yang rendah dibanding budaya dengar dan melihatnya :)

    gmn bulan madunya Bang? Sukses? :mrgreen:

    salam dari malang :)

  4. 5 aldohas November 4, 2008 pukul 5:51 am

    ya, ngebayangin buku setebal 400 hal aja, mereka dah pusing mau muntah-muntah, apaperlu dijadikan komik aja ya???

  5. 8 aar November 5, 2008 pukul 6:21 am

    assalam wrw b
    saya lagi belajar blog agaimana caranya menampilkan seperti tangggal hijriyah ,peta pengunjung,karakter penulis dan aksesoris yang lainnya ???
    Syukron Jazaakumullah

  6. 9 bangzenk November 17, 2008 pukul 9:12 pm

    @hmcahyo,
    alhamdulillah lancar.. makasih mas..

    @aldohas,
    ide yang bagus, ada gak ya komikus Indonesia yang mau ngejadiin komik? :)

    @aar,
    klik aja di kalender hijriah (peta pengunjung, dll), entar ada caranya.. gampang kok..
    setelah dapet html code-nya, buka wp-admin>>themes>>widget
    masukin “text” widget, terus klik “edit”, masukin html code yang didapat.

    semoga bermanfaat.
    salamhangat.

  7. 10 uunk November 18, 2008 pukul 1:28 pm

    jangan pernah kita melalaikan sebuah ilmu yang kita dapatkan,setelah mendapatkannya gunakanlah sebaik2nya

  8. 11 yolla Desember 1, 2008 pukul 5:46 am

    halo.. saya belum membaca dan menonton filmnya. bisa tolong kasih tau kesebelas anak itu sekarang di mana? andrea hirata itu lintang? lalu yg dimaksud:

    “diantara sebelas orang anggota laskar pelangi sekarang ada yang menjadi wakil rakyat, ada yang menjadi research and development manager di salah satu perusahaan multi nasional paling penting di negeri ini, ada yang mendapatkan bea siswa international kemudian melakukan research di University de Paris, Sorbonne dan lulus S2 dengan predikat with distinction dari sebuah universitas terkemuka di Inggris”

    itu siapa saja? dan bagaimana dgn yang lain?

    mkasih :)

  9. 12 bangzenk Desember 2, 2008 pukul 2:55 am

    @uunk,

    benar, makasih dah ngingetin saya. silakan baca tulisan saya tentang riset nanoteknologi (bidang studi saya)

    @yolla,
    sebatas yang saya tahu, andrea hirata itu “si ikal” di novel Laskar Pelangi.

    Totalnya sepuluh orang, sebelas dengan Flo (anak pindahan dari SD Timah).

    Hm.. yang jadi anggota dewan “si kucai” nama aslinya Ahmad. pemimpin perusahaan saya lupa, yang dapet beasiswa ya Andrea Hirata itu sang penulis novelnya.

    salamhangat
    beasiswa kuliah di luar negeri

  10. 13 Heince "Smile1st" Theopilus Februari 28, 2009 pukul 12:43 pm

    thx buat sinopsisnya..

    saya dapat tugas dari sekolah..

    jadi ini sangat membantu..

    visit my blog juga yah..

    http://mixnmatches.blogspot.com/

    TIA

  11. 14 DODI FAEDLULLOH Mei 17, 2009 pukul 11:53 pm

    minta izin ngambil sinopsisnya ya mas ……. huhu buat tugas neh

  12. 15 DODI FAEDLULLOH Mei 17, 2009 pukul 11:54 pm

    minta izin mnta sinopsisnya ya mas !!!!!!!!!!!!!!!!!
    hehehe buat tugas neh

  13. 16 CheZia Mei 24, 2009 pukul 1:16 pm

    yyup….
    mnt izin wat ngambil sinopsisx iiah…^_^
    keren bgt tetralogi LASKAR PELANGI nea…
    gag cuman menghibur,tpi memberikan qt semangat n asa yg nyata bahwa tak ada mimpi yg tak bz diwujudkan….
    Two thumbs up 4 Andrea Hirata!
    Salut!!

  14. 17 eRIcha Agustus 29, 2009 pukul 5:02 am

    lucu bgt c cretax
    yang i2 lw wktu crds crmt

  15. 18 bunga shashilya September 14, 2009 pukul 9:15 am

    ni pelem bgs bgt,nanti tgl 21-22 ada lagi pelem na.hoooorrrrrreeee……..

  16. 19 RIAN November 25, 2009 pukul 12:34 pm

    LASKAR PELANGI is the best

  17. 20 Bie_bhY nieszha Desember 4, 2009 pukul 3:32 pm

    Wu0ww .
    Keren bget tUh n0vel~y ..myentUh bget critany .. ..smangant blJar 11 ank lskar pelangi it hbt hbAt bget ya,pntang mNyerah dmi cita2 ..Trz brjuang dmi ksngangan hdup ..n kJujuran yg luar..ne bs jd m0tivasi hdup q

  18. 21 ivo putri utami Desember 4, 2009 pukul 11:43 pm

    sAyA SnAnG BIsa meNoNtOn filM nyA….@

  19. 22 diana Desember 19, 2009 pukul 3:10 am

    filmnya seruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  20. 23 vincent Februari 7, 2010 pukul 6:25 am

    Aku ambil artikelnya ya untuk tugas. Makasih ya. ^^
    Oh ya, sinopsisnya bagus lho. Aku jadi ngerti deh ceritanya.

  21. 24 tantrii Maret 27, 2010 pukul 4:23 am

    sinopsis ini buat tugas aku,

  22. 25 trisna novrianti Agustus 5, 2010 pukul 2:34 pm

    klo aq sdih…

    saat lintang prgi …

    aq sngat trharu………..

    tpi sru..

  23. 26 oocha Agustus 21, 2010 pukul 4:31 am

    crtannya emang ttg pendidikan.pier gugf terlalu asik filmnya

  24. 27 herda September 24, 2010 pukul 8:22 am

    menyentuh hati filmnya !!!!!!

  25. 29 indah ayu Oktober 2, 2010 pukul 10:58 pm

    wow ..
    sngt mnarik skali crita na !!!!

  26. 30 faiz Oktober 28, 2010 pukul 9:20 am

    minta ijin ya…
    mnta sinopsis nya untuk tgas ni….

  27. 31 Fahmi Ardiansyah Oktober 31, 2010 pukul 3:37 am

    sinopsisnya aku ambil ya buat tugas

  28. 32 DANI SiAhAAAN Oktober 31, 2010 pukul 5:12 am

    AKU Sgt suka filim nh………
    setiam main pasti aku nntn
    maunya terus ea di tmplkan……………

  29. 33 jardiyanti November 24, 2010 pukul 9:45 am

    aku suka sama film, novel, danceritanya laskar pelangi

  30. 34 raushankasih November 24, 2010 pukul 11:18 am

    kk tau sinopsis sang pemimpi ???
    aku ada tugas dati sekolah
    kasih tau ya kk ??
    plissss

  31. 35 achmad ghifari November 28, 2010 pukul 9:41 am

    thanks sinopsisnya , sy dpet tugas dari sekolah……….

  32. 36 alya saiiank ibe November 29, 2010 pukul 10:35 am

    saya suka banget baca novel …
    sampe saya sudag punya satu paket novell dari andrea hiratta …
    apalagi laskar pelangi dan sang pemimpin

  33. 39 dian Februari 17, 2011 pukul 7:00 am

    haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah………

  34. 40 dian Februari 17, 2011 pukul 7:01 am

    brapaaaa weee athhhhh ….kumahhha annnna,,,,,,

  35. 42 Oktav April 12, 2011 pukul 3:25 pm

    Saya sangat menyukai novel andrea hirata,dan saya sudah membaca novel lanjutan laskar pelangi(sang pemimpi,dll) dan semua ceritanya sangat sempurna hahaha :)

  36. 43 Agung Rrizky April 13, 2011 pukul 1:42 am

    tidak ada ceritanya yg lengkap y?..

  37. 44 imroatus Juni 7, 2011 pukul 11:49 am

    andaikan q sprti mrka yg mmpu mmproleh pnddkan yg t’ layak maka driq akn slalu mnjdikn ank2 lskar plgi mnjdi lih lyak untk mncri ilmu

  38. 45 stien Ambon Juni 22, 2011 pukul 5:35 am

    wao….. critax mnyentuh bngat!!!

  39. 47 donny Juli 20, 2011 pukul 1:09 pm

    bangga pada laskar pelangi film ini membuat q terharu sukses trus laskar pelangi jgn prnah mati selama nya

  40. 48 PRIMA ROQIE Agustus 8, 2011 pukul 8:58 am

    makasih

    nie membantu aq mengerjakan tugas

  41. 49 Alfan Adalah Rezpector September 21, 2011 pukul 12:11 pm

    bagus sekali aku suka aku massik smp klas 3 … tapi ceritanya seru banget …. sanyang temen temen ku belom tau ceritanya kasih tau ahh ,…

  42. 50 Noni fyrdha Oktober 6, 2011 pukul 2:07 pm

    makasih,, saya butuh bgt nih sinopsis buat tugas sekolah, hehe
    salam kenal
    dtunggu kunjungan baliknya :)

  43. 51 Dayatjhago Oktober 9, 2011 pukul 5:52 am

    met nah ?????

  44. 52 Dayatjhago Oktober 9, 2011 pukul 6:03 am

    terima kasih, sinopsis ini membatu saya dalam mengerjakan tugasku

  45. 54 ama Oktober 15, 2011 pukul 4:18 pm

    saya sangat terharu,oleh cerita tersebt,saya sangat salut

  46. 55 meda anedya Oktober 28, 2011 pukul 10:02 pm

    ni pda novel sinopsisx bab brpa sja???

  47. 56 rie harizawa Oktober 28, 2011 pukul 10:07 pm

    bagus ceritanya tapi kamu tau nggak babnya itu berapa dalam novelnya??

  48. 57 Syarifa Syakhieyya Al Wafieyy November 1, 2011 pukul 10:37 am

    kenapa tiada penerbitan dan lain-lain lagi ..

  49. 58 Syarifa Syakhieyya Al Wafieyy November 1, 2011 pukul 10:39 am

    kena main reka je lah penerbitan tuu ..
    HUH !!
    TENSHION !!
    pikir pikir pikir !
    Hadoiyh ..

  50. 59 andre agasyah November 11, 2011 pukul 10:20 am

    Apik tenan lasakr pelangi……

  51. 60 Andi November 15, 2011 pukul 3:44 pm

    Ini yg di ambil apa nya sih,.?

  52. 61 titha November 16, 2011 pukul 10:11 am

    apa weh rek nyaho wae ,,,,,

  53. 62 hani khaerunisa (pradutta) November 21, 2011 pukul 12:19 pm

    terimakasih inspirasinya :)
    meskipun saya baru kelas 2 smp tpi buku ini benar” membuat saya bangkit… :)

  54. 64 afthifkha November 22, 2011 pukul 9:54 am

    hhhmmmm , hebbat …. hebbast ……

  55. 65 muhammad ridwan Desember 1, 2011 pukul 3:01 am

    good

  56. 69 April Nim Fenandez Januari 22, 2012 pukul 10:54 pm

    Kak, aq mau ambil sinopsis buat tgas b’indo qu. Mksih ya, krn sinopsis ini sngat mmbntu :)

  57. 70 ajisiepenggemarunited Februari 7, 2012 pukul 12:50 pm

    terima kasih ya LASKAR PELANGI semoga suksesssssssss

  58. 71 mulki Februari 15, 2012 pukul 11:52 am

    LASKAR PELANGI VERY VERY GOOD

  59. 72 pena muslim Februari 18, 2012 pukul 11:26 pm

    ..buku Laskar Pelangi ini semestinya bisa membangkitkan kesadaran dan semangat kita yg berada dalam kondisi banyak pilihan dan kemudahan dalam sarana pendidikan untuk lebih sunguh-sungguh menuntut ilmu..

  60. 73 octaamalia Maret 10, 2012 pukul 8:17 am

    Blom sempet baja Laskar Pelangi, tapi kalo filmnya cuma liat setengahnya. jadi pingin baca bukunya, nih!

  61. 74 Sr3 wulHan d4ri3 Maret 25, 2012 pukul 1:32 pm

    Terharuu’,…
    Jaman yang penuh dg ketrbatasan,..
    Tapii skrg,????
    Tanyakan sama dirii sndriiee

  62. 75 El Fikri F. A April 26, 2012 pukul 12:05 am

    kata-kata “miskin” nya terdengar HOROR om/tante ! kalo bisa, di ganti aja ya om/tante , , , :D

  63. 76 Erris F Agustus 10, 2012 pukul 2:23 pm

    Wow, I really mean WOW. Ceritanya hebat.
    AMAZING

  64. 78 Ratna Bela Desember 3, 2012 pukul 3:36 pm

    ceritanya buuuuuuuuuuuuuuuuuaaaggggguuusssssssss pakek buuuangett lho :D

  65. 79 oleh oleh lombok Oktober 2, 2014 pukul 11:02 am

    Hey there! I know this is kinda off topic but I’d figured I’d ask.

    Would you be interested in trading links or maybe guest writing
    a blog post or vice-versa? My blog goes over a lot of the same
    subjects as yours and I think we could greatly benefit from each other.
    If you are interested feel free to send me an email.
    I look forward to hearing from you! Excellent blog by the way!

  66. 80 Jilbab Online Oktober 4, 2014 pukul 1:48 am

    Thank you for any other informative web site.
    Where else could I am getting that type of information written in such a perfect way?

    I have a venture that I’m simply now working on, and I’ve been at the
    look out for such information.


  1. 1 Sinopsis Buku Laskar Pelangi | Prapti Widiya sos4 Blog Lacak balik pada November 24, 2010 pukul 1:23 pm
  2. 2 Sinopsis Buku Laskar Pelangi « riinomo Lacak balik pada Oktober 1, 2012 pukul 7:56 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 564,196 Orang-orang Baik

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: