Separuh Bulan-Stage 2

Apa kabar dunia?? Tetep, asyik..

Alhamdulillah, masih bisa silaturahmi sama temen2 semua melalui blog ini. Berbagi cerita tentang stage-2 episode kuliah di luar negeri, semoga membawa hikmah khususnya buat pribadi umumnya buat temen2 yang selama ini slalu setia di berbagi cerita ini.

Diawali dengan kegundahan di project microsystem (fase-1), yang dengan perobotan dan beragam tetek bengek microgripper. Alhasil, kelompok aye menjadi salah satu kelompok yang project-nya dinyatakan layak masuk fase-2. Fase-2 ini adalah pengaktualisasian konsep fase-1. Yah, kerja 4 minggu berpusing ria browsing, dll tak sia-sia juga.

Kemudian dilanjutkan dengan excursion (jalan-jalan) ke MESA+ di Enschede, Belanda. Industri satu ini merupakan bagian dari University of Tweente, salah satu universitas terkemuka di Belanda dengan koor utamanya bidang teknik. Termasuk di dalamnya teknik kimia (katanya terbaik di Belanda, dulu kan yang terbaik TU Delft). Di sana, aye melihat banyak riset mengenai microfluidic, microreactor, pokonya berhubungan dengan teknik kimia (jarang2 kan.. he3..). Banyak sekali kegunaan me-micro-kan alat2 di berbagai industri saat ini. Tidak hanya pada industri teknik kimia, juga pada bidang kesehatan. Alat penfengaran, pelancar nafas (penyakit asma), dll.

Dan sekarang, ada practical study di Gelsenkirchen (Jerman). Lumayan sekalian liburan, seminggu aye di sini. Ya, suasana baru. Beda banget dari Negara Belanda, transportasi di sini cukup sulit. Selain itu, komunikasi kebanyakan digunakan dalam bahasa Jerman. Jadi, aye dibuat repot. Tapi lumayan, refreshing telinga (ha3).

Lanjut, stage-2 ini masih menyisakan 4 minggu perkuliahan di Utrecht termasuk ujian akhir semester. Dan persiapan internship a.k.a. graduated assignment (stage-3). Bismillah..

Oiya, mohon do’a dari temen2 ya. Dana aye mepet, smoga di stage-3 aye bisa dapet gaji yang lumayan. Ya, 5-6juta rupiah dah.. (400€), soalnya kebutuhan di sini sekitar segitu per bulannya. Dan terakhir, smoga saya kuat iman serta mampu menjaga kesehatan (dah mulai beku nih..).

Gelsenkirchen, Germany

Muhammad Rijal ARS.

1 Response to “Separuh Bulan-Stage 2”


  1. 1 awantoriadi Desember 20, 2007 pukul 10:00 am

    wah… mampir mas, tak disangka tak dinyada, dapet tetangga orang jerman toh, yo wes, selamat ujian deh. tetep bagi2 pengalaman ya mas, maklum.. wong ndeso cuma bisa menjelajah dunia lewat internet, hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 637,137 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: