Informasi Terbaru Pendaki Gn. Agung yang Hilang

Bagi temen2 yang masuk blog ini untuk mencari informasi terbaru dari hilangnya tiga pecinta alam di Gn. Agung, Bali. Berikut informasi terbaru yg saya dapat dari media KOMPAS.

Saya secara pribadi menyatakan belasungkawa dan tetap berdoa demi keselamatan dua pendaki lainnya.

Semoga ini menjadi hikmah buat smua, khususnya saya pribadi yang sering mendaki solo (single fighter). Bagi temen2 Bramatala, salamhormat saya buat sluruh alumni maupun anggota aktif disana. Terakhir ketemu dengan salahdua aktivisnya di kereta Yogya-Bandung, 2004. Ketika ekspedisi Jawa-Bali.

Salut.
================================================================
Mayat Mahasiswa STIE Bandung Membusuk di Gunung Agung

RENDANG, MINGGU – Salah seorang dari tiga pendaki yang hilang di Gunung Agung, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu siang ditemukan telah menjadi mayat di kawasan puncak gunung tertinggi di Pulau Dewata itu. Kondisinya sudah mulai membusuk.
Jenazah korban yang teridentifikasi bernama Mohamad Iqbal (21), ditemukan pada bagian jalur jalan setapak antara puncak satu menuju puncak dua, di daerah ketinggian sekitar 2.600 meter di atas permukaan laut.
Wartawan ANTARA yang tergabung dengan tim SAR melakukan upaya pencarian, dari Posko SAR di Desa Pempatan, Rendang, melaporkan, upaya evakuasi atas jenazah yang telah mulai membusuk itu, diperkirakan baru akan tiba di bagian kaki Gunung Agung di Desa Junggul pada Senin (7/1) dinihari.
I Made Widana, petugas pada Kantor Basarnas Denpasar yang terjun ke lapangan menyebutkan, upaya evakuasi jenazah korban dari kawasan puncak hingga ke Desa Junggul, diperkirakan memakan waktu lebih dari sebelas jam.
Mengingat itu, kuat dugaan kalau jenazah Iqbal yang ditemukan pada pukul 14.35 Wita, baru tiba di kawasan kaki Gunung Agung pada Senin dinihari sekitar pukul 01.30 Wita. “Itu pun kalau tidak ada gangguan yang berarti seperti hujan kembali turun atau angin bertiup cukup kencang,” katanya.
Senada dengan Widana, Danramil 1623-03/Rendang Kapten Inf Bambang Subagio menyebutkan, bila angin bertiup kencang di daerah puncak, tentu evakuasi sulit untuk dapat dilakukan. “Masalahnya, untuk jalan kaki saja harus merayap,” ucapnya.
Bila tidak merayap, lanjut dia, salah-salah tubuh bisa diempas angin kemudian terlempar jatuh ke dalam jurang yang ada di kiri-kanan jalan setapak yang berkemiringan cukup tajam, rata-rata lebih dari 45 derajat.
Jenazah Iqbal ditemukan tim SAR dari Regu-19 atas nama Nyoman Sudarsana, Ketut Kartis dan Komang Perina. Ketiganya merupakan personel Kelompok Pemandu Wisata Kebut Gunung (KPWKG) Agung.
Sebagai memandu wisata, ketiga anggota tim SAR tersebut masing-masing telah belasan kali “menaklukkan” ketiga puncak yang dimiliki gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu.
Berdasarkan peta, jenazah Iqbal ditemukan pada titik koordinat 08 derajat 20 menit 40 detik LS dan 115 derajat 20 menit 33 detik BT.
Sementara dua teman Iqbal yang lain, Eko Saputro Sudirman (22) dan Yunita Indah Safitri (22), hingga kini masih dalam upaya pencarian tim SAR gabungan.
Ketiga pendaki yang anggota Mapala Bramatala STIE Bandung, Jawa Barat itu, tercatat mendaki Gunung Agung pada 26 Desember 2007 saat kondisi cuaca sangat buruk.
Tim SAR gabungan yang dikerahkan untuk melakukan penyisiran pada lembah, lereng dan puncak Agung sejak 30 Desember lalu, tidak hanya dari unsur Basarnas, tetapi juga Brimob Polda Bali, Koramil dan Polsek Rendang, serta unsur PMI dan Taruna Penanggulangan Bencana (Tagana) Dinas Sosial Bali.
Sementara dari unsur pencinta alam, tampak dari Bares Bali, KPWKG Agung, Wanadri Bandung, Mapala UI, Unpad, Buanagiri, Cakrabuana, Mapala Tri Sakti Jakarta, Mahitala Unpar dan Bramatala STIE Bandung.
Tim SAR dijadwakan kembali melakukan penelusuran pada Senin pagi pada kawasan lereng dan puncak gunung yang terakhir tercatat meletus dahsyat pada April 1963. (ANT)

11 Responses to “Informasi Terbaru Pendaki Gn. Agung yang Hilang”


  1. 1 Rizki Januari 9, 2008 pukul 12:19 pm

    Asswrwb.sorry sebelumnya ni gw Rizki, gw tmn salah satu org yang sekarang msh dicari,,Gw tmnnya Yunita Indah Safitri,,kynya berita di media elektronik ma cetak ahir2 ni uda aga jarang y,,,tp tiap hari gw contact trus nyokapnya yg uda ada disana,,,ampe skr blm ada kbr,,,,
    Tmn2 smua yang baca “reply” ini dimana pun kalian berada, mohon doanya ya,,,Dia org baik bgt,,mdh2an cepet diketemuin dlm keadaaan hidup,,ga ada yang ga mungkin di hadapan Allah SWT.,,,Amin,,,

  2. 2 yoga Januari 11, 2008 pukul 10:33 pm

    saya salah satu teman dari eko saputra yang sampai sekarang masih dalam pencarian. bagi siapa saja yang mempunyai kabar terbarunya mohon berbagi informasi. semoga bagaimana pun perkembangan dari berita ini adalah yang terbaik. amin.

  3. 3 rijalulghad Januari 11, 2008 pukul 11:52 pm

    @ rizki and @ yoga

    iya,, Allah ga kan mengecewakan hamba2Nya..

  4. 4 kulunu Januari 18, 2008 pukul 12:10 pm

    Informasi terbaru dari pencarian Nita dan eko::
    Pencarian dihentikan sementara hingga tanggal 5 februari karena umat hindu bali akan melaksanakan upacara galungan dan kuningan..Buat teman2 jangan terlalu percaya informasi yang nggak bertanggung jawab baik dari TV atau koran terkadang redaksional mereka tidak sesuai dengan keadaan dilapangan..Saya tau Karena saya ada dilapangan..
    Iqbal adalah petarung yang telah gugur..
    Nita dan eko masih bertarung untuk mengambil hak hidupnya..
    Semoga mereka dapat segera kembali pada keluarga masing2..Mohon do’anya mudah2an kami dapat melanjutkan pencarian..

  5. 5 rijalulghad Januari 18, 2008 pukul 6:13 pm

    @kulunu

    makasih info terbarunya.. saya nunggu info, terutama dari orang lapangan.. teriring do’a smoga mereka bisa kembali dg selamat.

    oiya, kmungkinan mereka bisa dmana saja. Ada baiknya juga tim SAR meninggalkan jejak pencarian. diberi tanda atawa panah arah pulang.

    ini ide iseng, tapi smoga berguna. wish all the best for both and you all.

  6. 6 izkern Mei 4, 2008 pukul 3:02 pm

    hei, tadi pagi ane nyampe di pos pura pasar agung, menurut petugas desa adat setempat akan diadakan pencarian jenazah 2 orang yang belum ketemu kira kira bulan juli ini, doain ya mudah2an jenazahnya ketemu, dan dapat dimakamkan dgn layak.

  7. 7 bangzenk Mei 4, 2008 pukul 8:06 pm

    @izkern,
    aaamiin, makasih mas.

    teman2 sekalian, mari kita do’akan semoga jenazah dua orang kawan kita dapat ditemukan. aaamiin.

  8. 8 uchay Oktober 17, 2009 pukul 5:17 pm

    gw sahabt_nya eko saputra salah satu dari pendaki yang hilang di gunung agung Bali.tolong dunk info terbaru_nya….sahabat” eko di cilegon masih menanti kabar eko,,,,,masalahnya beritanya gax ada lagi…..kalo ada yang udah dapet info tentang eko udah ketemu dlm ke adaan hidup/meninggal tolong info_nya ya??????????
    lewat FB ajah di pencintakeroppy@yahoo.com
    Mohon doanya agar eko ketemu…….
    thx ya…..

  9. 10 putri Maret 25, 2011 pukul 4:05 pm

    hai q putri adik dr yunita indah syah fitri udah hampir 3 tahun berjalan q mohon doanya y q dn keluarga masi tetep berusaha tux nyari dn q sekeluarga masi optimis klo kk masi d doain kk nita m k eko y biar ktmu walaw dh begitu lama tetp terus optimis kita semua klo dya masi ada amin y allah qobull
    nd thx y wat tmn” smwnya yg udh berpartisipasi nyari k nita nd thx wat simpatinya q harap kalian g lupain k nita

    • 11 fitri November 30, 2011 pukul 3:53 am

      luar biasa usaha keluarga de putri,,,saya dulu mendaki Gunung Agung pertengahan 2008,saat peristiwa ini masih hangat2nya..mendoakan yang terbaik untuk keduanya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 636,712 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: