HADE di Pilgub Jabar 2008

Tiga hari menjelang penutupan pendaftaran pasangan cagub-cawagub (Ahad, 20/1/08) pada Pilgub Jabar yang direncanakan berlangsung April 2008. Suasana politk cukup mencair, dengan terpecahkannya kebuntuan politik beberapa partai. Hari ini, PKS-PAN mensosialikan pasangan hasil koalisi yakni Ahmad Heryawan (PKS) dan Dede Yusuf (PAN) dengan modal 21% suara gabungan kedua partai.

Pasangan ini menamakan dirinya HADE, boleh dibilang ini maneuver politik yang cukup lumayan tangguh mengingat mereka adalah wajah-wajah baru di perpolitikan Jawa Barat. Peluang kemenangan pasangan calon ini menurut saya cukup besar.

Pertama, kesolidan internal partai pengusung (PKS). Ini menjadi penting, karena boleh dibilang inilah kekuatan utama besarnya suara di Pemilu 2004. Selain itu, dapat dilihat bagaimana pendekatan-pendekatan politik PKS yang merakyat sehingga mampu mengusung pasangan Adang-Dani di Pilgub DKI menembus angka 1.500.055 suara atau 42,03% dengan hanya menggunakan satu mesin politik sekelas PKS. Jika dibandingkan pasangan Fauzi-Prijanto dengan 20 mesin partai politik dan jumlah suara yang dihasilkan sebesar 2.109.511 atau 57,87%. (sumber web metronews)

Kedua, popularitas Dede Yusuf sebagai tokoh muda. Saya kira para anak muda akan lebih tertarik memilih beliau dari pasangan HADE ketimbang kedua pasangan lainnya. Ini langkah praktis sebetulnya. Semoga pemilih tidak subjektif. Tapi, kondisi pemilih a.k.a. rakyat masih belum cukup tercerdaskan untuk memiilih secara objektif.

Namun, jangan lupa kekuatan Golkar-PD dengan pasangan yang di usungnya Danny-Iwan (D-I). Kansnya cukup besar. Sebagai seorang incumbent, Pak Danny sudah dikenal diberbagai lapisan masyarakat dan rakyat Jawa Barat. Potensi ini tidak bisa dipungkiri. Sekiranya penilaian rakyat pada beliau baik, maka besar kemungkinan pada pilgub dengan pemilihan langsung pertama di Jawa Barat ini, pasangan D-I bisa menang.

Baru dua pasangan yang resmi dideklarasikan, kita lihat bagaimana maneuver PDIP dan partai-partai lainnya menyikapi dua pasangan ini.

Updated berita: BOM untuk HADE, HADE untuk Jawa Barat

1 Response to “HADE di Pilgub Jabar 2008”


  1. 1 gilank April 10, 2008 pukul 3:37 pm

    HADE pisan euy…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 637,137 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: