Pendidikan dan Kesejahteraan

Saya turut prihatin atas dikabulkannya permohonan pengujian kembali UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), UU No. 18/2006 tentang APBN 2007, dan UUD 1945 yang diajukan Rahmatiah Abbas (guru dari Sulawesi Selatan), dan Prof. Badryah Rifai (dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar) dengan kuasa hukum Elsa Syarif.

MK berpendapat, jika gaji guru dimasukkan pada anggaran 20 persen, maka pemerintah akan lebih mudah memenuhi anggaran pendidikan 20 persen. Dalam APBN 2007 saja, jika gaji guru dimasukkan pada anggaran, maka telah mencapai 18 persen. Namun jika tidak, maka baru mencapai 11 persen.

Guru maupun dosen yang melakukan permohonan ini dalam pandangan saya, mereka tidak tahu bagaimana tentang kebutuhan dunia pendidikan saat ini. Tidak memahami bagaimana kebutuhan rakyat akan pendidikan rakyat yang murah dan berkualitas. Tidak mengerti akan arti Mencerdaskan Kehidupan Bangsa sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 sebagai tujuan keberadaan Bangsa Indonesia.

Tolong Pak Surya (Ketua PGRI), perjuangkan lagi.

Kesejahteraan para guru (katakanlah gaji), jika dimasukkan ke dalam anggaran pendidikan 20% tentu akan mengurangi jatah bagi pendidikan rakyat yang murah dan berkualitas. Padahal di Jabar saat ini anggaran pendidikan (terlepas dari gaji guru) yang baru saja disahkan telah mencapai 15%. Dan kalaupun memang dimasukkan tentunya akan berhadapan pada kesejahteraan guru yang amat teramat dibatasi, bukankah itu mempersulit diri sendiri namanya??

Di sini i’tikad baik pemerintah di uji, apakah benar pemerintah benar-benar mengedepankan pendidikan sebagai tonggak pembangunan bangsa ini ke depan ataukah hanya sekedar pemanis bibir belaka.

0 Responses to “Pendidikan dan Kesejahteraan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 636,832 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: