UN dan Pilkada Jabar 2008

Hari ini merupakan hari pertama Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/MA 2008, adik saya merupakan salah satu dari mereka yang berjuang hari ini. Sebagian orang mengatakan bahwa UN kali ini lebih berat dari tahun-tahun ke belakang. Rasa-rasanya tiap tahun juga begitu.

Ironis memang, ujian 3 hari ini akan jadi penentu masa depan anak didik. Lulus atau tidak lulus. Luar biasa. Meski sebenarnya, hidup ini adalah ujian. Filosofi bahwa kesuksesan adalah proses tepat sekali. Rasa-rasanya, lulus UN juga bukan sesuatu yang sulit. Jika..

Jika kita memahaminya bukan sebagai hasil, tapi proses. Jadi kelulusan yang diraih tak akan membuat euforia berlebihan. JIka tidak lulus pun, tak akan membuat berkecil hati. Karena perjalanan kian menanjak jauh.

Jika kita memahaminya sebagai proses tadi, kita tentu telah bersiap sejak hari pertama duduk di bangku sekolah. Sama halnya bagi mahasiswa, siswa SMP, atau siswa SD sekalipun (Meski kalau yang terakhir ini sepertinya belum bisa diajak berpikir ke arah sana). Namun, demikian kita bisa menekankan pada diri kita. Bahwa ujian itu setiap saat. Oleh karenanya kita mesti bersiap dan waspada.

Soal dan Jawaban UN 2008 sedemikian rupa dibuat untuk menjadi standar kelaikan seorang siswa SMA dinyatakan lulus. Hhm.. memang model soal dan panduan materi serta pembahasan jawaban sudah disosialisasikan di puspendik.com juga dapat dilihat di PemburuBeasiswa. Hanya saja, keterbatasan teknologi sekali lagi membuat kita miris. Belum lama ini juga adanya kasus down server Jardiknas yang baru dipindah tangankan dari BPLKN Diknas ke Pustekkom Depkominfo. Atau pendapat lain ada di sini. Empunya blog adalah salah satu penggiat di Jardiknas. Belum tau apa itu Jardiknas? tunggu artikel berikutnya.

Yang jelas, hadapi UN 2008 dengan sepenuh hati. Berikan kerja terbaik, fokus dan senantiasa mendekat padaNya. Berdoá. Serahkan hasilnya pada Allah. Toh, dunia belum berakhir hanya karena tidak lulus UN.

Lanjut ke hasil pilkada Jabar 2008. Setelah bersitegang dan sempat diwarnai orang-orang piknik demonstrasi di sekitar kantor KPU Jabar. Akhirnya siang tadi Hasil Pilgub Jabar 2008 diumumkan, dengan rincian perhitungan suara sebagai berikut:

1. Danny Setiawan-Iwan Sulanjana             4.490.901 suara

2. Agum Gumelar – Nu’man Abdul Hakim  6.217.557 suara

3. Ahmad Heryawan – Dede Yusuf              7.287.647 suara

Total suara yang masuk 17.996.105 dengan suara tidak sah 806.560. Dari DPT sekitar 27, 9 juta yang menggunakan hak pilihnya 64, 5 %.

Catatan, 35,5% saya tidak katakan golput. Karena belum tentu dia tidak memilih karena pilihannya. Boleh jadi karena situasi, kondisi (di luar negeri misal), atau proses dari pembagian kartu pemilih hingga pembagian undangan untuk mengikuti pilkada menjadi salah satu penyebabnya.

Dengan pengumuman hasil rapat pleno ini ditandatangani oleh masing-masing ketua tim saksi cagub-cawagub Jabar 2008, maka HADE sudah dapat dipastikan akan menduduki kursi di Gedung Sate periode 2008-2013.

Mari kita bangun Jabar bersama-sama. Kita tunggu juga realiasasi janji pasangan terpilih.

2 Responses to “UN dan Pilkada Jabar 2008”


  1. 1 prima almazini April 23, 2008 pukul 8:51 am

    Sukses untuk Hade. Semoga kelihatan perubahannya..

    Tulisan-tulisannya sangat informatif dan semakin bagus. Tetap semangat menulis =) !

  2. 2 ven April 27, 2008 pukul 8:25 pm

    gemana ya bank…bagaimanapun klo aku diposisi anak yg ngejalani UN skrng pastilah udah gemeteran dl sblm berperang, lah masa2 sekolah yg dilalui cukup lama cuma ditentukan dlm satu waktu aja “UN”, klo pas kebetulan ada anak yg pinter bgt cm gag beruntung krn pas UN sakit atw ada suatu mslh shngga gag maksimal ngerjainnya trus nilainya jelek dan gag lulus…wajarkan klo jadi kecewa…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 636,832 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: