Joko Suprapto penemu blue energy akhirnya ditemukan

Joko Suprapto, alumnus Teknik Elektro UGM yang sempat dikabarkan hilang sejak 7 Mei 2008 tidak hanya membuat gempar blogosphere tapi juga kalangan Istana Negara akhirnya ditemukan dan telah kembali ke rumah dalam keadaan sakit seperti diberitakan oleh detik.com. Joko merupakan aset bangsa, sebagai cendikiawan juga manusia Indonesia.

Percaya atau tidak, tapi Joko telah membuktikan penemuannya kepada dunia. Kita mungkin belum dapat menerima sepenuhnya hasil temuan beliau. Saya pribadi memiliki dasar keyakinan bahwa tidak ada yang mustahil di dunia ini. Selama yang dijanjikan oleh Sang Maha Kuasa dalam firman-firmanNya.

Penemuan blue energy untuk pertama kali dipamerkan dalam konferensi tingkat dunia PBB (Climate Exchange Summit) di Bali, November 2007. Saya sendiri sempat berpendapat ini HOAX. Tapi kemudian, beberapa media nasional mulai mengangkatnya ke dalam berita juga keterlibatan BIN dalam pencarian Joko Suprapto beberapa waktu lalu membuat saya meyakini kebenaran cerita ini. Bahkan saya berencana menemuinya setiba saya di Indonesia untuk sekedar silaturahmi, jika memungkinkan saya bersedia bergabung dengan beliau untuk mewujudkan produksi blue energy secara nasional.

Joko sempat menyatakan bahwa alternatif bahan baku yang digunakan adalah air laut, tentu ini merupakan suatu yang bagus. Karena Indonesia sebagai negara maritim yang selama ini belum begitu memperhatikan bahkan memanfaatkan air laut akan mulai memperhatikannya. Permasalahannya adalah, bagaimana sikap pemerintah kita?

“Pemerintah tidak boleh memandang masalah ini sebelah mata. Karena orang ini lebih penting daripada Purnomo Yusgiantoro. Orang ini mampu berfikir alternatif dalam krisis energi. Sementara Purnomo hanya bisa mengotak-atik harga minyak,” ujar anggota Komisi I DPR, Yuddy Chrisnandi, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (23/5/2008) seperti dilansir detik.com.

Yup, orang ini menurut saya juga penting. Jangan sampai negara lain mengambil alih teknologi terbarukan ini. Karena bukan sekali dua kali negeri kita kecolongan para tenaga ahlinya beserta hasil temuannya diboyong oleh negara asing, terutama negara barat yang berduit.

Saatnya kita beralih teknologi dan menghilangkan ketergantungan pada minyak. Semoga pemerintah dapat segera mengambil sikap, sehingga perkembangan ilmu pengetahuan dan implementasinya dapat menjadi hulu ledak bagi pembangunan bangsa ke depan. Termasuk diantaranya dengan membangun Industri hulu, seperti pengolahan blue energy ini dan juga pembangkit listrik tenaga alam, serta energi berbasis energi terbarukan. Indonesia bisa, selama kita mampu dan mau bersinergi membangun Indonesia sebagai Indonesia.

dari Belanda: Muhammad Rijal ARS

18 Responses to “Joko Suprapto penemu blue energy akhirnya ditemukan”


  1. 1 ratutebu Mei 25, 2008 pukul 7:51 am

    angkat topi untuk mas joko.. ^^

  2. 2 ghaniarasyid™ Mei 26, 2008 pukul 1:07 am

    Oooh, yang katanya diisukan “diculik” itu?:mrgreen:

    Orang kayak beliau memang penting…
    Biar Indonesia nggak hanya menggantungkan diri pada BBM aja…

  3. 3 dedenbougile Mei 26, 2008 pukul 7:52 am

    Indonesia jangan goblog terusss…dari dulu saya berkeyakinan bahwa Sumber daya Manusia di Indonesia itu sangat bagus…jauh diatas negara-negara lain,termasuk Amerika dan negara Eropa..
    terbukti di kejuaraan internasional dalam olah raga..science indonesia selalu mendapatkan tempat…..
    jangan hanya korupsi yang selalu diakomodir negara,mentang-mentang menjadi negara terkorup..
    pemerintah Indonesia harus bisa memaksimalkan orang-orang seperti mas joko…habibie,,dll yang secara nyata menjadi orang no wahid di Dunia.
    Pemerintah jangan pesimis,selalu merendahkan negaranya sendiri….

  4. 4 kamal87 Mei 26, 2008 pukul 11:10 am

    beehh… bneran mas mo nginvest untuk implementasi blue energy se-nasional??

  5. 5 mas joko Mei 26, 2008 pukul 12:37 pm

    Ternyata orang indonesia ketahuan goblok-nya…

    Lha wong Presiden aja bisa di kibulin gitu …DPR juga malaj menggangap Joko lebih penting dari Purnomo….Kacau dah…

    OPtimis boleh saja…tp kritis dan waspada dong…

    Hal kayak gini kan ada alurnya (cek-ricek secara ilmiah) ngak langsung kluar tanpa penjelasan….

  6. 6 ciptabiru Mei 26, 2008 pukul 12:41 pm

    menurut fisik@.net, di Indonesia setidaknya ada 25 ribu orang jenius. Soalnya di setiap 11 ribu orang diperkirakan ada satu orang jenius.
    Kalo saya jadi presiden, bakal tak kumpulin orang-orang jenius bin kreatif itu. Tak bikinkan lembaga riset dan pengembangan ilmu pengetahuan di lokasi khusus yang terlindung dari satelit mata-mata Amerika, China, Jepang, Rusia apalagi Israel Laknat. Semacam kayak CERN di Swiss sono. Mulai dari teknologi informasi, astronomy, transportasi, sampai psikologi dll akan dikembangkan di situ. Sepuluh tahun setelah itu, pasti Indonesia akan jadi negara adikuasa baru.
    Ayo pak Hidayat Nurwahid (saya nggak minta ke SBY-JK, karena mereka sama kayak pejabat lain. Manut sama Amerika), wujudkan mimpi saya

  7. 8 sentotyonatan Mei 26, 2008 pukul 4:24 pm

    okey kalau takut penemuan ini disadap atau ditiru sebelum dipatenkan, tolong satu pertanyaan dibawah ini dijawab oleh mas Joko sebagai pemilik prses/prsces owner blue energy dari laut sbb :

    Ambil misal produk jadinya………………1000 liter
    1. berapa liter air laut sebagai bahan baku dipakai ?
    2. berapa kilogram bahan penolong seperti katalis dipakai?
    3. bahan bahan lainya additive dalam liter atau kilogram dipakai?
    4. bahan bakar penolong kalau ada?

    wis iku wae mas Joko dijawab dijamin penemuan anda nggak ada yang akan bisa njiplak/niru, percoyo karo aku
    Nanging nek sampeyan ora iso jawab maka blue energy anda cuma sensasi dan anda super pinter bisa mengecoh banyak orang

  8. 9 bangzenk Mei 26, 2008 pukul 8:56 pm

    @kamal87,

    saya sih, niat.. tapi sepertinya pemerintah kita juga kurang serius. oiya, pak Joko sendiri ternyata orang “wah” alias berkecukupan. Jadi, saya pikir-pikir lagi🙂

    salamhangat.

  9. 10 102FM ITB Mei 29, 2008 pukul 3:07 pm

    Mas… kami pikir tidak logis bahan bakar dari air laut… teorinya pun tidak jelas, murni melanggar kekekalan energi. Seandainya beliau memang benar, mengapa sampai sekarang tidak mampu jua memproduksi massal? Kalau alasannya adalah masalah dana dan tekanan asing, sesungguhnya cerita Joko Suprapto ini sudah menjurus pada teori konspirasi…

    Masyarakat Indonesia sudah terlalu banyak dibuai mimpi, janganlah ada lagi mimpi-mimpi fatamorgana yang akan membuat masyarakat jadi lebih sengsara lagi.

  10. 11 bangzenk Mei 29, 2008 pukul 11:42 pm

    @102FM ITB,

    kita tunggu saja, sambil berharap itu benar🙂

  11. 12 Hendriyo Mei 30, 2008 pukul 2:17 am

    sabar deh bos2.. liat aja ntar..

  12. 13 ari Juni 2, 2008 pukul 6:44 am

    semoga bisa menjadi perubahan untuk indonesia:)

  13. 14 pamungkas Juni 5, 2008 pukul 3:31 pm

    Yang jelas bangsa Indonesia memerlukan sosok Pemimpin yang mempunyai visi yang jelas, komitmen yang kuat, dan mencintai rakyatnya. Oh iya satu lagi nih, nggak mudah diintervensi oleh negara lain.

  14. 15 bangzenk Juni 5, 2008 pukul 9:46 pm

    @ ari,

    aamiiin..

    @ pamungkas,

    sepakat, dan satu lagi mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara🙂

  15. 16 punkt Juni 6, 2008 pukul 8:55 am

    keknya blue energy tu hoax aja deh, dulu aja pernah juga tu ada kejadian kyk gini : http://en.wikipedia.org/wiki/Gasoline_pill

  16. 17 punkt Juni 6, 2008 pukul 8:55 am

    keknya blue energy tu hoax aja deh, dulu aja pernah juga tu ada kejadian kyk gini, cari aja artikel “gasoline pill” di wikipedia

  17. 18 Unraised Juni 19, 2008 pukul 2:00 am

    Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Unraised.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 637,137 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: