Pergerakan Mahasiswa 2008

“Kami orang muda yang kaya akan obsesi.. Mobilitas tinggi alih teknologi.. Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya!! ” Format Masa Depan-Dewa19

Salah satu unsur pergerakan mahasiswa adalah otentisitas-nya. kemurnian pergerakan. entah dari pengaruh tokoh politik atau bukan, kemurnian inilah yang harus di jaga. kemurnian seperti apa? kemurnian pergerakan yang dilandasi oleh pemenuhan hajat hidup rakyat atau bagaimana?

Jawabannya adalah berlandaskan hati nurani kerakyatan. coba tanya hati nurani, turun ke jalan menyampaikan aspirasi benar salah? kemudian turun ke jalan sambil membakar ban dan melempar bom molotov benar salah?

Benar salah kan berdasarkan presfektif. ini dia, kadang kita pikir kita selalu benar dengan segala sikap kita. tapi, bukan begitu seharusnya. kita mahasiswa perlu mawas juga. Hati nurani kerakyatan yang dipakai. Jangan sama saja dengan pemerintah kita yang tidak berhati nurani kerakyatan. Yang dipikirin hanya untung dan untung. Tapi bukan untung buat rakyat. Untung buat pemerintahannya saja. Coba buatlah kebijakan yang berjangka panjang. Menaikkan harga BBM dan membagikan BLT tentu bukan sesuatu yang mendidik dan membangun.

Ini solusi dari saya pribadi, mungkin di luar sana banyak yang memiliki solusi yang lebih efektif dan efisien. Macam tugu rakyat, itu orisinil buatan mahasiswa. Mahasiswa Indonesia yang disebut-sebut pewaris negeri ke depan. Kok malah gak dapet tempat di hati SBY-JK? yang diterima duduk manis malah orang-orang KNPI yang saya ragukan keberpihakannya kepada rakyat kecil. KNPI apa kerjaannya sih? berapa duit anggaran daerah ataupun nasional untuk ngurusin aktivitasnya? sepertinya ga konkrit juga itu hasilnya, boro-boro di lapangan di media massa juga paling yang ada raker atau rakernas. Silakan buat orang-orang KNPI yang mengatasnamakan pemuda Indonesia komentar di sini. Terlepas dari itu, kekaguman saya kepada Menpora saat ini (mantan ketua KNPI nasional) yang memiliki dedikasi tinggi untuk mewadahi gerak pemuda dan aktivitasnya semoga tetap konsisten.

Solusi yang saya tawarkan,

1. Ciptakan industri hulu di dalam negeri terutama terkait pemenuhan hajat hidup orang banyak. Contoh singkat pengolahan gas alam, terus minyak mentah, juga energi terbarukan. Dengan ini juga akan terbuka lapangan pekerjaan dan pewadahan orang-orang ahli dari Indonesia yang mungkin saat ini banyak dipekerjakan oleh perusahaan/industri asing.

2. Tunaikan hak warga negara dengan memberikan pendidikan yang murah dan berkualitas, sejahterakan guru dan pendidik, tingkatkan fasilitas pendidikan.

3. Berikan perhatian yang seimbang bahkan kalau perlu lebih pada wawasan nusantara. Dimana kelautan merupakan salah satu kekuatan besar negeri Indonesia. Serahkan pengelolaan alam pada ahlinya. Penggiat alam dan kawan-kawan pecinta lingkungan, bukan pada pengusaha kayu dan hasil hutan.

4. Perkuat pertahanan dengan memproduksi alat pertahanan bersenjata di dalam negeri, dengan memberikan kesempatan pada teknologi dan anak negeri untuk mempresentasikan kemampuannya.

yah, sementara ini dulu.. kalau ada yang mau nambahin silakan. Saya lebih senang membahas masalaha pembangunan bangsa Indonesia ketimbang ngurusin Anggota Dewan yang berfoto mesum. Gak malu apa mereka!! Fuck Anggota DPR-RI yang koruptor, mesum dan tak bermoral!!! Terutama Anggota DPR RI yang cuman ngomong doang, ngasih keterangan pers tapi kerja gak becus. Dan Fuck juga buat Anggota DPR RI yang “pelesir” ke Argentina pake uang rakyat. Ini contoh kelakuan anggota DPR RI yang tak berhati nurani kerakyatan.

Saya titipkan juga buat rekan-rekan mahasiswa yang turun ke jalan untuk tidak anarkis. Saya khawatir rakyat akan semakin dibingungkan dengan sikap kita. Bagi mahasiswa yang masih duduk-duduk saja, kawan-kawan tidak jua berhati nurani. Kawan-kawan ditakdirkan menyandang gelar mahasiswa tapi tak juga bersikap sebagai intelektual muda yang memanfaatkan ke-intelek-annya untuk memperjuangkan hajat hidup rakyat banyak. Rakyat yang mengantarkan kawan-kawan sampai bisa duduk di Perguruan Tinggi.

Tunjukkan bahwa kita MAHASISWA INDONESIA yang cinta kebebasan dengan tanggung jawab. Tunjukkan bahwa kita insan intelektual yang berhati nurani kerakyatan.

HIDUP MAHASISWA!! HIDUP RAKYAT INDONESIA!!

KETIKA SEBAGAI KAKEK DI TAHUN 2040,
KAU MENJAWAB PERTANYAAN CUCUMU

Cucu kau tahu, kau menginap di DPR bulan Mei itu
Bersama beberapa ribu kawanmu
Marah, serak berteriak dan mengepalkan tinju
Bersama-sama membuka sejarah halaman satu
Lalu mengguratkan baris pertama bab yang baru
Seraya mencat spanduk dengan teks yang seru
Terpicu oleh kawan-kawan yang ditembus peluru
Dikejar masuk kampus, terguling di tanah berdebu
Dihajar dusta dan fakta dalam berita selalu
Sampai kini sejak kau lahir dahulu
Inilah pengakuan generasi kami, katamu
Hasil penataan dan penataran yang kaku
Pandangan berbeda tak pernah diaku
Daun-daun hijau dan langit biru, katamu
Daun-daun kuning dan langit kuning, kata orang-orang itu
Kekayaan alam untuk bangsaku, katamu
Kekayaan alam untuk nafsuku, kata orang-orang itu
Karena tak mau nasib rakyat selalu jadi mata dadu
Yang diguncang-guncang genggaman orang-orang itu
Dan nomor yang keluar telah ditentukan lebih dulu
Maka kami bergeraklah kini, katamu
Berjalan kaki, berdiri di atap bis yang melaju
Kemeja basah keringat, ujian semester lupakan dulu
Memasang ikat kepala, mengibar-ngibarkan benderamu
Tanpa ada pimpinan di puncak struktur yang satu
Tanpa dukungan jelas dari yang memegang bedil itu
Sudahlah, ayo kita bergerak saja dulu
Kita percayakan nasib pada Yang Satu Itu.
1998
TAUFIQ ISMAIL dalam bukunya Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia, Yayasan Ananda: 1998

 oleh: Muhammad Rijal ARS (Ketua BEM KEMA POLBAN 2006/2007)

4 Responses to “Pergerakan Mahasiswa 2008”


    • 2 bam Oktober 19, 2009 pukul 1:50 pm

      pergerakan mahasiswa dan pemuda merupakan tonggak perubahan
      bagi generasi kelak serta penampung dari pada aspirasi kaum-kaum lemah yang kerap menjadi korban penindasan kebijakan yang sangat tidak bijak.
      so.. jangan pernah berhenti wahai pemuda terus berjuang untuk rakyat dan bangsamu ini…,.
      allah bersama kita


  1. 1 Insiden Atmajaya: Siapa bertanggung jawab? « Berbagi Cerita.. Lacak balik pada Juni 24, 2008 pukul 10:25 pm
  2. 2 Insiden Atmajaya: Siapa bertanggung jawab? | Zenk Life's Lacak balik pada Juli 16, 2008 pukul 6:53 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 636,832 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: