Zaskia Sayang, Zaskia Malang

Zaskia Sayang Zaskia Malang

Zaskia Adya Mecca, sosok artis muslimah yang beberapa waktu ini sempat melejit namanya dengan berbagai film bernafaskan islami juga beberapa diantaranya cukup berisi jika dibandingkan film-film layar lebar kacangan dan habis sekali jalan (gimana aja makan kacang).

Zaskia Sayang Zaskia Malang (2)

Tak ada maksud postingan ini menjelek-jelekkan Zaskia ataupun segudang penampilannya dalam berbagai film. Katakanlah Kiamat Sudah Dekat, Ayat-ayat Cinta, maupun lainnya. Tidak, aye hanya ingin berbagi cerita saja. Tentang sisi kemanusiaan kita.

Analisa aye foto-foto ini asli diambil dengan kamera 2 MP dengan 2x digital zoom (Analisa bebas lah ya). Hehe, ini menurut aye aja, asal jangan salah kutip nanti blognya di-crack “cabul”.

Zaskia Sayang Zaskia Malang (3)

Ada beberapa sikap menanggapi foto-foto Zaskia yang sedang merokok ataupun bertato di atas, berdasarkan beragam cara pandang:

1. Liberal, bagi para penganut kebebasan. Maka, kelakuan Zaskia Adya Mecca-yang kita sayangi-adalah sah-sah saja. Toh itu hak-nya dia, dan tidak (secara langsung) merugikan kita kan. Uang, uangnya dia. Badan-badannya dia, terserah dialah.

2. Demokrat, bagi para penganut demokrasi. Kira-kira komentarnya begini, berapa orang rakyat yang gak setuju Zaskia Adya Mecca merokok dan bertato? acungkan tangan!!

3. Bijakis, bagi para penganut paham bijaksana (bukan bijak sini). Maka, fenomena ini disikapi sewajarnya. Kecewa tentu ada, karena masyarakat kita masih menjadikan sosok artis sebagai panutan. Bilamana baik, mereka ikuti kebaikannya. Bilamana jelek, mereka-terkadang-lebih suka mengikutinya. Akan tetapi, Zaskia juga manusia biasa pernah lupa dan salah. Adapun jika merokok dan bertato adalah pilihannya, maka ada baiknya kita mengingatkan posisi dia di mata publik (meskipun apa artinya pandangan manusia). Tentu dengan alasan yang rasional (atau dirasionalkan), bahwa segala kebaikan dan sesuatu yang baik hanya akan menjadi baik bilamana cara dan niatannya adalah baik.

Pun jika merokok dan bertato itu bukan pilihannya, maka tulisan ini adalah sekedar pengingat saja. Allah SWT ingin mengingatkan dia, agar dia kembali ke pangkuan ridho-Nya.

Merokok bukan suatu kesalahan, bertato juga. Tergantung dari mana kawan-kawan memandangnya. Jika kawan-kawan bertanya pada aye, aye akan bilang merokok tidak baik secara kesehatan (secara fikih masih jadi perdebatan) dan bertato itu keren (secara fikih haram, sebagian ulama bilang terutama di bagian basuhan air wudhu).

Aye pun bukan manusia yang “wah”, hanya manusia biasa. Sebagai manusia biasa pula aye mengingatkan Zaskia Adya Mecca-sayang-untuk tetap istiqomah menyuarakan kebaikan lewat jalan kebaikan. Usah dikotori hal yang tak perlu.

Ditulis oleh: Muhammad Rijal ARS

*foto diambil dari gallery swaramuslim

21 Responses to “Zaskia Sayang, Zaskia Malang”


  1. 1 Denny Eko Prasetyo Juli 3, 2008 pukul 4:06 am

    inilah dunia selebritis dan entertainment bro, hingar-bingar diluar, terkadang busuk didalam :-p

    • 2 Fauzan Agustus 13, 2009 pukul 4:12 am

      Dunia Komputer bisa saja memperburuk sosok yang baik ataupun sebaliknya, bisa saja itu gambar rekayasa designer, atau kalaupun iya bisa saja sato tempel yang bisa hilang dengan mudah, agak bijak dikit sih ngapa?

  2. 3 bangzenk Juli 3, 2008 pukul 8:00 am

    @Denny,

    busuk dari mana bos? hehehe.. tergantung cara pandang,ya bijakis dikit-lah.🙂

  3. 4 ven Juli 3, 2008 pukul 12:42 pm

    harusnya yg komen zaskianya langsung biar tau alasannya jd kan publik ngga cm menebak-nebak kebenaran d balik smuanya apa??😉

    klo tebakanku…

    klopun dia merokok siyapa tau itu kebiasaan dia di jaman dl yg msh sulit di hilangkan

    bukannya ngilangin kecanduan merokok susahnya minta ampun

  4. 5 malapu Juli 3, 2008 pukul 4:42 pm

    bagi saya itu seh wajar aja ya. mang apa salahnya orang merokok. Orang alim pun masa ga boleh merokok.??

  5. 6 bangzenk Juli 4, 2008 pukul 10:00 am

    @Ven,
    Sayangnya Zaskianya blom mampir ke sini, kalo mampir ntar diminta komentar🙂

    Ngilangin kecanduan merokok emang susah😀 klo gada niatan tapinya..

    @malapu,
    Gak salah, juga gak benar. Tergantung cara pandang. Mencoba Bijakis

  6. 7 Leo Lintang Juli 5, 2008 pukul 3:16 am

    merokok itu wajar koq…
    guru ngaji saya merokok…

    Tapi kalo bertato…???

  7. 8 Thiozard Juli 5, 2008 pukul 7:40 am

    Hmmm
    gimana cara pandang aja c
    setiap manusia pasti ada kekurangan kan

  8. 9 Zaksia Juli 9, 2008 pukul 9:28 pm

    Yang namanye salah ya salah…
    mau zaskia kek.. mau tokek kek..

    tapi tunggu dulu..
    Apa betul itu fotonya asli?

  9. 10 Nurdiansyah Juli 13, 2008 pukul 1:12 am

    Cara pandang setiap orang memang beda-beda bangzenk…

    Merokok…
    Sebagian ulama bilang HARAM karena lebih banyak mudhorot dari pada manfaatnya, juga dianggap “sengaja” mengurangi umur atau “sengaja” menyakiti diri sendiri, dan itu haram dalam Islam.

    Sebagian ulama lain bilang cukup MAKRUH saja, dan gw setuju untuk pendapat yg sebagian ini, karena gw jg perokok hehee…🙂
    Pake Shisa aja, tetap tembakau tapi dengan kandungan nikotin 0% dan rasa macam2.

    Untuk Tato…
    Blum pernah denger pendapat para ulama gimana..
    Menurut gw itu HARAM, JIKA letaknya ada di bagian yg seharusnya kena basuh air wudhu, karena menghalangi air mengenai kulit ketika berwudhu.. CMIIW

    Semoga sukses dengan studi dan tugas akhirnya bangzenk🙂

  10. 11 bangzenk Juli 13, 2008 pukul 1:34 pm

    @ leo lintang,
    memang wajar kok.. bertato juga wajar, tapi pertanyaannya siapa yang merokok dan bertato itu maka wajar tidaknya perlu dikaji lagi🙂
    dilematis..

    @ thiozard
    yup, tergantung cara pandang dan aye tidak menyalahkan siapapun. sekedar saling mengingatkan atas peranhidup kita masing-masing

    @ zaskia,
    aye ndak bilang tentang salah atau benar, dalam etika kita bicara tentang baik apa tidak. baik untuk dilakukan apa sebaiknya tidak dilakukan..

    terlepas dari foto itu asli atau bukan, intinya adalah pembelajaran moral buat kita.

    @ Nurdiansyah,
    ya, berbeda-beda.. tergantung wawasan keilmuan, pengalaman, dan lainnya..
    makasih do’anya alhamdulillah udah beres..🙂

  11. 12 ki joko bodo Juli 17, 2008 pukul 9:48 am

    mbak masih perawan???

  12. 13 zaskia mecca Juli 17, 2008 pukul 9:55 am

    sumpah gue nggak pernah merokok itu semua fitnah tolong lu semua jangan pergaya foto itu.

  13. 14 andree September 6, 2008 pukul 4:54 pm

    saya rasa yang dialami Zaskia adalah bagian dari masa lalu , jadi tak usah dipermasalahkan lagi oke!

  14. 15 Arya September 7, 2008 pukul 3:37 pm

    ya mananya juga artis, mereka itu memang pantas untuk di tonton tapi belum tentu bisa jadi teladan wat kita, dari 1000 mungkin hanya satu yg bisa

  15. 16 Arya September 7, 2008 pukul 3:39 pm

    ya mananya juga artis, mereka itu memang pantas untuk di tonton tapi belum tentu bisa jadi teladan wat kita, dari 1000 mungkin hanya satu yg bisa jadi teladan

  16. 17 Ivo Januari 5, 2009 pukul 5:39 pm

    ga pa pa lagi asal rokoknya adalah rokok yang menyehatkan …

    Ada satu ide yang mungkin bisa jadi solusi bagi perokok pasif dan aktif. Yaitu rokok yang menyehatkan. Bisa diklik nama saya … mudah-mudahan … hatur nuhun

  17. 18 si ableh Januari 13, 2009 pukul 8:01 pm

    lihat zaskia merokok bikin gue horny beibeh😀

  18. 19 mar Oktober 2, 2009 pukul 8:59 am

    kalo perempuan ber jilbab merokok gawat tuh…., apa lagi bertato…, mohon maaf lahir batin.

  19. 20 dy Juli 13, 2010 pukul 7:54 am

    y setia orng bebas dooooonk

  20. 21 Popi ... September 21, 2012 pukul 10:02 am

    itu semua warisan dia di masa lalu (sebelum pake jilbab). Baik tatto maupun merokok.
    Tatto, emang bisa dihapus? susah kan?
    Merokok, susah menghilangkan kebiasaan itu bukan?

    So..be wise guys!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 636,832 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: