Daftar Parpol Peserta PEMILU 2009

PEMILU 2009 tepat 365 hari lagi. Ke depan, berbagi cerita akan banyak bercerita tentang persiapan PEMILU 2009. Harapannya dapat membantu sosialisasi PEMILU 2009 juga sebagai bentuk pengawasan publik. Inilah postingan pertama mengenai daftar partai politik peserta PEMILU 2009*.

1.Partai Barisan Nasional
2.Partai Demokrasi Pembaruan
3.Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
4.Partai Hanura
5.Partai Indonesia Sejahtera
6.Partai Karya Perjuangan
7.Partai Kasih Demokrasi Indonesia
8.Partai Kebangkitan Nasional Ulama
9.Partai Kedaulatan
10.Partai Matahari Bangsa
11.Partai Nasional Benteng Kerakyatan
12.Partai Patriot
13.Partai Peduli Rakyat Nasional
14.Partai Pemuda Indonesia
15.Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia
16.Partai Perjuangan Indonesia Baru
17.Partai Persatuan Daerah
18.Partai Republik Nusantara
19. Partai Amanat Nasional (PAN)
20 Partai Bintang Reformasi (PBR)
21. Partai Bulan Bintang (PBB)
22. Partai Damai Sejahtera (PDS)
23. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
24. Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK)
25. Partai Demokrat
26. Partai Golongan Karya (Partai Golkar)
27. Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB)
28. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
29. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
30. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
31. Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaenisme
32. Partai Pelopor
33. Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI)
34. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Parpol peserta PEMILU 2009, terdiri dari 16 partai politik yang memiliki keterwakilan di DPR-RI hasil PEMILU 2004 (sesuai pasal 315 dan 316 UU No 10 tahun 2008) ditambah 18 partai politik baru hasil verifikasi faktual KPU di berbagai provinsi dan kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

“Verifikasi faktual dilakukan terhadap Dewan Pimpinan Parpol di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Untuk membuktikan kebenaran dan keabsahan parpol tersebut, ada 4 objek verifikasi faktual yaitu mengenai pengurus harian Dewan Pimpinan Parpol tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Kedua, domisili, alamat dan kepemilikan kantor. Ketiga, pemenuhan persyaratan keterwakilan perempuan di Dewan Pimpinan parpol tingkat pusat dan keempat pemenuhan syarat dukungan,”
Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary.

Selain 34 partai di atas khusus untuk Provinsi Nangroe Aceh Darussalam memiliki tambahan 6 partai lokal yakni Partai Aceh, Partai Aceh Aman Sejahtera, Partai Bersatu Aceh, Partai Daulat Aceh, Partai Rakyat Aceh dan Partai Suara Independen Rakyat Aceh.

Mari kita wujudkan bersama PEMILU 2009 yang jujur dan adil bagi semua pihak. Bagaimana kawan-kawan? Sudah menetapkan pilihan?

Oleh Muhammad Rijal ARS

*Urutan nomer, bukan berarti nomer urut pada PEMILU 2009

Baca juga: Nomor Urut Partai Politik Peserta PEMILU 2009, Deklarasi Damai Kampanye PEMILU 2009

13 Responses to “Daftar Parpol Peserta PEMILU 2009”


  1. 1 budi santoso Juli 11, 2008 pukul 2:31 am

    Mudahan-mudahan Parpol dapat memberikan prosos pembelajaran politik yang bijak dan diterima oleh seluruh kalangan masyarakat khususnya masyarakat bawah.

  2. 2 budi santoso Juli 11, 2008 pukul 2:37 am

    Banyak Masyarakat yang sudah kecewa dengan janji-janji politik pada saat kampanye, tapi Parpol-parpol peserta pemilu di tahun 2009 memilki perubahan yang signifikan. Untuk itu marilah kita memulai dengan langkah baru agar proses demokrasi berjalan dengan transparan, jujur, adil dan lancar dengan menghilangkan sifat apatisme kita terhadap keberadaan parpol-parpol di indonesia.

  3. 3 budi santoso Juli 11, 2008 pukul 2:45 am

    Kepada kawan-kawan yang sehati dan seirama mungkin kita dapat memberikan solusi dan arah tujuan yang akan dicapai dan dicitakan oleh bangsa yang besar ini. Melihat dari informasi-informasi dan berita-berita serta laporan bahwa tingkat partisipasi masyarakat Indonesia untuk memilih salah satu parpol pemilu 2009 diprediksi rendah. Terbukti dengan surei-survei yang dilakukan oleh beberapa lembaga. Ayo kawan……………teman……..sahabat…….mari kita membantu mensukseskan pemilu 2009 dengan tidak ada yang GOLPUT……………..terima kasih.Balas yach email budi_baung@yahoo.co.id

  4. 4 arifrahmanlubis Juli 11, 2008 pukul 3:40 am

    kok ngga sekalian pake urutan bang?

    pks mudah-mudahan bisa banyak memberi perbaikan.

  5. 5 Mas Kopdang.. Juli 14, 2008 pukul 3:39 am

    wah…Partai Blogger Indonesia gak lolos verifikasi ya..?

  6. 6 erni Juli 20, 2008 pukul 1:20 pm

    yaelah,,, parpl byk amat….

    mo jualan pak ?????

  7. 7 erni Juli 20, 2008 pukul 1:26 pm

    partai boleh byk,,,,,

    janji tinggal janji,,,,,

    kalo udh jadi jg lupa ma janji…..

    basi basi lo…. bete bete ah….

    harapan tinggal kosong,,,,

    ya eyyalah,,,, udah tradisi,,,,,!!!!!!!!!!!!

  8. 8 desny Juli 27, 2008 pukul 12:20 pm

    kasiin lambang parpolnya duuunk…
    🙂

    smoga parpol sekarang ga neko-neko ..

    hihi ..

    makasii:)

  9. 9 bangzenk Juli 29, 2008 pukul 4:27 pm

    @mas kopdang,
    gak mas, maklum ketua umum partai-nya masih di Belanda😉

    @erni,
    kita tunggu tanggal maennya!!🙂 tetep berpikir positif, untuk Indonesia yang lebih baik!

    @desny,
    insya Allah di tulisan berikutnya🙂
    iya, semoga gak neko-neko.. dan semoga pula BERVISI matang, bukan sekedar CARI KURSI

  10. 10 ARI Juli 30, 2008 pukul 5:38 pm

    partai sebanyak ini tandanya orang indonesia anti kompromi. semua pengennya jadi bos. kaya dikit bikin partai, punya pengekor 100 bikin partai, yang penting masuk dpr tar gampang lah bagi2 kekuasaan dan hasil kkn

    MENJIJIKKAN

  11. 11 pitrimawati November 22, 2008 pukul 10:03 am

    Assalamu’alaikum Wr Wb

    Terserah berapa banyakpun partai,yang penting kita bisa bersatu membangun bangsa ini.
    Dari
    Fitrimawati
    Padang Sumatera Barat

  12. 12 pitrimawati November 22, 2008 pukul 10:11 am

    yang sudah sekian lama terpuruk,mengaku kalau kemiskinan dan penganguran berkurang,data dari Indonesia mana itu dan yang melaporkan Itu siapa,adalah orang orang yang memang menikmati kekayaan negara
    Saya siap berdebat terbuka dengan Presiden SBY sekalipun mengenai masalah Indonesia dan Pembangunan Indonesia ke depan.

    Salam

    Fitrimawati
    Padang Sumatera Barat
    Email Pitrimawati.bunga@yahoo.co.id

  13. 13 rudi Februari 15, 2009 pukul 2:37 am

    kurang satu mas partainya.biar semua mau menggunakan haknya partai no 44 partai golput


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 636,712 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: