Apa yang Dibaca dari Surat Lamaran Kerja Anda?

Yakinlah – kecuali si manajer tidak pernah membacanya. Menyertakan Curriculum Vitae sangat penting sekali pada setiap surat lamaran, karena seorang manajer sering membaca ringkasan surat Anda sebelum memutuskan untuk membaca Curriculum Vitae Anda atau tidak, yang berarti bahwa mereka tidak akan membaca surat Anda.

Setelah kita membahas beberapa tips wawancara kerja juga memahami kemungkinan pertanyaan yang diajukan pada saat wawancara kerja. Kini saatnya kita memahami pentingnya Curriculum Vitae dalam sebuah proses lamaran kerja.


Curriculum Vitae
(riwayat hidup) Anda merupakan sebuah kesempatan sempurna untuk mengenalkan diri Anda ke bagian personalia, membuat mereka kagum dengan kualitas Anda serta membuat mereka tertantang untuk membaca lamaran Anda.

Ketahuilah pentingnya Curriculum Vitae di lamaran Anda. Strategi terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menepiskan anggapan bahwa surat anda tidak akan dibaca. Jika ringkasan Anda menghapuskan beberapa keterangan penting pada Curriculum Vitae Anda, cobalah mengkaji ulang ringkasan tersebut untuk menggabungkan beberapa informasi yang bisa memikat bagian personalia untuk sebuah interview.

Cobalah menjawab pertanyaan berikut untuk menguji apakah lamaran Anda memang layak dirubah:

Apakah lamaran Anda selalu baru?

Perbaruilah lamaran Anda bila memang resume Anda telah kadaluwarsa serta gunakan Curriculum Vitae untuk menentukan pekerjaan dan pendidikan terbaru Anda.

Apakah sasaran atau objek Anda?

Apakah Anda menggunakan resume atau lamaran untuk semua jenis pekerjaan serta mencantumkannya pada Curriculum Vitae Anda untuk memperjelas tujuan Anda?

Jika resume yang Anda buat tidak sesuai dengan tujuan Anda, maka resume tersebut tidak akan di perhatikan bagian penerima. Pencari kerja dengan lebih dari satu tujuan yang akan diraih biasanya akan meraih hasil yang lebih baik saat mereka membuat resume atau lamaran dalam jumlah serta jenis yang berbeda karena masing-masing resume mengacu pada objek yang berbeda. Anda dapat dengan mudah menambahkan resume Anda pada bagian Ringkasan Kualifikasi dan Objek.

Apakah Anda telah mencantumkan pengalaman kerja dan minat?

Saat melihat resume Anda bagian personalia akan melihat review Anda serta menyesuaikan pengalaman kerja Anda dengan posisi yang mereka butuhkan. Untuk posisi yang terbaru, tulislah sebuah paragraf yang menjelaskan pekerjaan utama Anda sehingga bagian personalia dapat mengerti kewajiban serta tugas yang biasa Anda tangani. Dan tunjukkan Anda merupakan seorang ahli di bidangnya dengan menambahkan sebuah kunci kontribusi pada setiap bagian. Cantumkan tantangan-tantangan yang pernah Anda hadapi pada setiap bagian, karena hal tersebut dapat membantu Anda.

Apakah Anda memang terampil?

Bagian personalia biasanya mencari calon yang terampil di bidangnya. Ciptakan sebuah bagian yang biasa disebut Areas of Expertise yang meliputi kunci yang berhubungan dengan keterampilan serta kecakapan Anda. Gunakanlah bagian yang menjelaskan resume Anda memang kompeten di bidang tersebut.

Apakah Anda memang ingin menempatkan ulang atau memiki rencana untuk pindah, termasuk sebuah informasi pada bagian atas lamaran Anda dengan alamat yang terbaru. Misalnya “Relocating to Dallas, Texas in April 2003” atau “Available to Relocate Internationally.” Atau pada lamaran utama Anda termasuk wilayah geografi Anda.

Apakah posisi Anda mudah di jangkau?

Jika Anda memberikan keterangan terbaik dan termudah untuk menghubungi Anda (misalnya melalui telepon genggam), yakinlah bahwa informasi tersebut sudah tercatat dalam lamaran Anda yang memudahkan bagian personalia menghubungi Anda.

Penting: Jangan lupa, tiap personalia cenderung menggunakan metode yang berlainan untuk memilih calon pegawai. Beberapa dari mereka cenderung membaca Curriculum Vitae pertama kali dan baru mempertimbangkan isinya, sehingga cobalah untuk menulis Curriculum Vitae yang memikat.

Staytune terus dalam seri persiapan melamar pekerjaan di Berbagi Cerita!!

Source: Kapan lagi.Com (2003)

6 Responses to “Apa yang Dibaca dari Surat Lamaran Kerja Anda?”


  1. 1 sjafri mangkuprawira Oktober 20, 2008 pukul 11:59 pm

    artikel menarik bangzenk…..ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan antara lain….uraian jangan panjang-panjang; isi jangan berlebihan,misalnya mencantumkan gambaran keluarga yang tidak perlu atau tak ada hubungannya dengan pekerjaan;gunakan bahasa yang baik dan benar;uraikan secara ringkas kompetensi yang dimiliki bukan sekdar job qualification;tidak ada salahnya mengungkapkan beberapa penghargaan yang pernah diterima khususnya yang menyangkut job performance……salam

  2. 2 kidungjingga Oktober 26, 2008 pukul 7:59 am

    saya save ya bangzenk… buat adikkuuu tercinta.
    makasiihhh…

  3. 3 bangzenk Oktober 27, 2008 pukul 12:19 am

    @Pak Sjafri,

    makasih banyak pak sjafri atas tambahan informasinya..

    buat kawan-kawan, Pak Sjafri ini adalah ahli manajemen dari IPB.

    @kidungjingga,

    silakan mbak.. moga bermanfaat..

  4. 4 obetz November 2, 2008 pukul 10:39 am

    artikelnya menarik mas,,oy satu lagi,,smua nya harus ditulis jujur dan berkaitan dengan bidangnya..jangan smua yg bagus dimasukin padahal ga berkaitan dengan bidang kerja yg dituju..hehe

  5. 5 windoel Mei 18, 2009 pukul 5:00 am

    Bangzenk,,,sebenernye kalo buat CV yang memikat tuh nyang gimana c?? dari kertasnya yang warna-warni tak mungkin, pa musti kita membuat CV dengan bahas yang keren, pake istilah2 gitu or gimana??? Tolong dijawab ya…thx.


  1. 1 Menulis Curriculum Vitae « Berbagi Cerita.. Lacak balik pada November 1, 2008 pukul 2:43 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 637,137 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: