Riset Nanoteknologi

Masih bertanya-tanya tentang Nanoteknologi? Teknologi terbarukan ini memang sangat-sangat memikat dunia penelitian. Tidak hanya di USA sebagai negara pengembang, tapi di seluruh dunia saat ini. Masih ingatkan dengan tema tugas akhir saya? Yup, riset saya di PHILIPS LIGHTING (Belanda) adalah tentang Nanoteknologi.

Untuk itu, saya ingin berbagi cerita tentang apa dan bagaimana nanoteknologi itu dapat berperan dalam kehidupan makhluk hidup ke depan. Khususnya dalam menyediakan berbagai kemudahan dan terobosan di bidang pengadaan teknologi yanga tentunya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Lanjut kembali ke nanoteknologi, riset di bidang nanoteknologi memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Penyediaan carbon nanotubes saja per-gram-nya sangat mahal. Percaya atau tidak, tapi tidak mengapa karena sebanding dengan manfaat yang bisa kita raih dari keberadaan nanoteknologi tersebut.

Bagaimana dengan pemerintah RI?
saat ini biaya riset Indonesia di beberapa sektor industri untuk pengembangan nanoteknologi nilainya kurang dari Rp 1 miliar. Padahal, Indonesia membutuhkan dana sedikitnya Rp4 triliun pada 10 tahun mendatang untuk mempercepat pengembangan riset nanoteknologi.

Dengan dana seadanya, daya saing industri manufaktur nasional bisa 20 tahun tertinggal karena minimnya riset dan faktor alih teknologi. Alokasi dana riset nanoteknologi di Indonesia terbilang minim dibandingkan dengan China, Malaysia, Thailand, dan sejumlah negara ASEAN lain.

Pada 2008, National Science Foundation US memprediksi besar nilai pasar di masa depan untuk nanomaterial (nanoteknologi berbasis sumber daya alam) bisa mencapai US$340 miliar per tahun, piranti lunak dan elektronik berkisar US$300 miliar, di bidang farmasi US$180 miliar, bidang proses kimia US$100 miliar, bidang kedirgantaraan US$70 miliar, dan pengadaan mesin peralatan US$22 miliar.

Mau tau lebih jauh, silakan baca artikel riset nanoteknologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 636,712 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: