Pemilihan dan Penghitungan Ulang Pilkada Jatim

Hasil perhitungan suara KPUD Jatim yang memenangkan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) dalam Pilkada Jatim putaran kedua lalu, siang tadi dibatalkan keputusannya oleh Mahkamah Konstitusi. Meskipun berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jatim putaran kedua yang dilakukan KPU Jatim tersebut pasangan Karsa (Soekarwo-Saifullah Yusuf) telah memperoleh 7.729.944 suara (50,20 persen), sementara pasangan Kaji memperoleh 7.669.721 suara (49,80 persen). Jumlah suara sah sebanyak 15.399.665, terdapat 506.343 suara tidak sah. Karsa unggul tipis 60.223 suara atau 0,40 persen dibanding pasangan Kaji.

Pilkada Jatim

Jika mengamati jalannya proses Mahkamah Konstitusi bersidang sampai keluarnya keputusan agar Komisi Pemilihan Umum Daerah melakukan pemungutan suara ulang di dua kabupaten, Bangkalan dan Sampang, serta penghitungan ulang di Pamekasan, saya kira putusan yang diambil MK cukup adil.

Dalam putusan tersebut Majelis hakim juga membatalkan putusan KPUD Jatim Nomor 30 Tahun 2008 tanggal 11 November 2008 sepanjang mengenai rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Jatim putaran kedua di tiga kabupaten.

“Memerintahkan KPUD Jatim agar melakukan pemungutan ulang di kabupaten, Bangkalan dan Sampang, serta penghitungan ulang di Pamekasan, paling lama 60 hari setelah amar putusan ini dengan mempertimbangkan kemampuan KPUD Jatim. Mengabulkan sebagian permohonan pemohon dan membatalkan keputusan KPUD Jatim sepanjang mengenai rekapitulasi suara di Kabupaten Pamekasaan, Bangkalan, dan Sampang,” ujar majelis, Mahfud MD, sebelum mengetuk palu di Mahkamah Konstitusi, Selasa (2/12).

Kenapa saya bilang cukup fair, karena permohonan gugatan yang diajukan oleh Tim Kaji tidak konsisten dan tidak terbukti secara formal. Selain itu, Tim Karsa sendiri menilai Tim Kaji melakukan kecurangan pula dalam Pilkada Jatim putaran kedua lalu.

Menarik memang, semoga pada pemilihan dan perhitungan ulang Pilkada Jatim nanti (direncanakan Januari 2009) KPU Jatim dan Banwaslu benar-benar mengawasi jalannya pemilihan ulang dan penghitungan suara ulang di tiga kabupaten terebut dengan baik.

Secara pendapat pribadi, menurut saya pasangan Karsa akan tetap memenangkan Pilkada Jatim. Namun, apalah arti pendapat saya (hahahha..). Saran saya uang untuk pelaksanaan pemilihan dan perhitungan ulang pilkada jatim itu digunakan untuk membantu para korban lumpur sidoarjo dan bencana banjir di beberapa daerah. Bagi para korban tentu sebesar apapun akan sangat berarti bukan?

>> Siapa sajakan Hakim di MK? Majelis Hakim diketuai oleh Mahfud MD, Maria Farida Indrati, Achmad Sodiki, Maruarar Siahaan, Arsyad Sanusi, Muhammad Alim, Mukti Fajar dan Akil Mochtar.

Sumber: Kompas dan TVOne

3 Responses to “Pemilihan dan Penghitungan Ulang Pilkada Jatim”


  1. 1 INDAH REPHI Desember 5, 2008 pukul 7:07 am

    pendukungnya karsa ya??hihihi

  2. 2 bangzenk Desember 5, 2008 pukul 10:28 am

    hahaha.. jauh mbak.. aye di Semarang. kagak ikutan nyoblos..

    thanks dah mampir


  1. 1 Cerita Perhitungan Ulang Pilkada Jatim « Berbagi Cerita.. Lacak balik pada Desember 28, 2008 pukul 11:52 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 636,712 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: