Cerita Mobil Hybrida

Cerita kali ini tak kalah menarik, cerita tentang mobil hybrida. Teknologi terbarukan yang saat ini tengah berkembang pesat di industri otomotif dunia adalah mobil hybrida. Betapa tidak, pada pertengahan awal tahun 2008 ini sejumlah perusahaan mobil merk dunia rame-rame mengeluarkan jagonya

Mobil Hybrida

Bagaimana sih sistem kerja dan keunggulan mobil hybrida alias mobil hibrida aka mobil hibrid ini?

Sebenarnya saya gak begitu ngerti banyak tentang dunia permobilan. Namun, berdasarkan informasi dari om google dan websitenya astra. Mobil hybrid menggunakan kombinasi dari motor listrik dan pembakaran di mesin, kedua sumber daya kekuatan tersebut dimaksimalkan dan saling mengisi kekurangannya. Hasilnya?

Performa mobil dan mesin menjadi luar biasa, diantara keunggulan mobil Hybrida alias mobil hybrid atawa mobil hibrida adalah sebagai berikut:

• Efisiensi Bahan bakar yang lebih besar
• Emisi yang lebih rendah
• Pengurangan energi yang terbuang dan regenerasi energi

Jika menilik awal lahirnya konsep mobil hibrida, yakni untuk mengendalikan laju penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang menghasilkan gas buangan CO2. Catatan, gas buangan hasil pembakaran kendaraan bermotor memiliki kontribusi 20% dari total gas buangan pada pemakaian energi fosil. Tentu pengaruhnya sangat besar terhadap kerusakan lingkungan. Melalui teknologi mobil hibrida ini sangat diharapkan emisi CO2 ke lingkungan dapat berkurang. Jika kita tidak bisa menghindari kerusakan lingkungan secara global, kita bisa bantu mengurangi dampaknya. Setuju?

Lalu bagaimana pada prakteknya seperti apa sistem kerja mobil hibrida ini?

Lihat tabel ini:

Tipe Sistem Mobil Hibrida

Berikut petikan dari penelitian pak Marsudi Budi Utomo*

Jenis sistem hibrida

Sistem hibrida yang diterapkan oleh beberapa industri mobil bisa dibagi menjadi tiga, yaitu sistem hibrida seri, sistem hibrida paralel, dan gabungan sistem hibrida seri dan paralel (Gambar 3).

Sistem hibrida seri (1 motor dan clutch). Sistem hibrida seri adalah menggunakan engine (mesin) dan satu motor, dimana mesin menghasilkan daya untuk menggerakkan motor elektrik. Tenaga dari motor ini digunakan untuk menggerakan roda (WD, wheel drive) dan mengisi cadangan arus listrik di baterei. Ketika diperlukan tambahan tenaga (torsi) untuk menyalib atau menanjak, motor listrik akan berkerja dengan mendapatkan tenaga dari mesin dan baterei.

Sistem hibrid paralel (mesin dan 1 motor). Sistem ini adalah sistem hibrida dimana mesin dan motor elektrik yang tersambung dengan power/drive train bekerja bersamaan secara paralel. Motor elektrik akan bekerja saat mesin memerlukan tambahan torsi, seperti ketika saat menyalip atau ketika tanjakan. Sistem ini diterapkan di mobil produksi Honda.

Sistem gabungan hibrida seri dan paralel (mesin dan 2 motor). Sistem gabungan ini adalah versi advance dari kedua sistem di atas. Mesin dan motor dapat bekerja bersama-sama atau bergantian sesuai dengan kondisi kebutuhan torsinya. Mesin akan menggerakkan WD dan mengisi beterei. Sedangkan motor memiliki fungsi yang sama dengan mesin, untuk menggerakkan WD ketika diperlukan dan berfungsi mengisi arus baterei. Sistem ini digunakan oleh Toyota dan Ford.

*) Marsudi Budi Utomo (DR). Peneliti muda Indonesia, aktivis ISTECS dan juga ketua PIP PKS Jepang

Sumber gambar
http://www.toyota.astra.co.id/hybrid/hybrid_cars.html
http://www.beritaiptek.com/zberita-beritaiptek-2006-01-24-Mobil-Hibrida-Hemat-Energi-(1).shtml.

Hak cipta milik masing-masing pemilik gambar
Tulisan diambil dari berbagai sumber dan disampaikan kembali oleh bangzenk

>> mau beli mobil hibrida?? harganya masih di atas 100 juta rupiah lho..

0 Responses to “Cerita Mobil Hybrida”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 636,712 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: