Cerita Naas Pesawat Fokker F27 TNI AU

24 Orang Tewas di Husein Sastranegara
Fokker 27

Inilah jenis pesawat Fokker F27 TNI AU yang jatuh sekitar pukul 12.30 WIB di Lanud Hussein Sastranegara, Bandung. Pesawat menimpa hanggar PT Aircraft Services (ACS) milik PT Dirgantara Indonesia.

BANDUNG, KOMPAS.com — Korban tewas akibat meledaknya pesawat Fokker 27 milik TNI AU dikabarkan sebanyak 24 orang. Mereka terdiri dari 17 siswa, instruktur, dan juga diduga korban dari luar penumpang pesawat naas itu. Belum diketahui apakah ada korban selamat dalam insiden itu.

Informasi yang diperoleh dari seorang pejabat TNI AU, semuanya dipastikan tewas. Namun, yang bersangkutan belum bisa memublikasi nama-nama korban.

Korban yang dibawa ke RS Salamun tercatat sudah 23 orang. Mereka adalah siswa-siswa yang hendak melakukan latihan terjun tempur.

Sebuah pesawat Fokker 27 milik TNI AU meledak sesaat sebelum mendarat di Bandara Husein Sastranegara sekitar pukul 13.00. Ini disebabkan pesawat itu menabrak Gedung Divisi ACS (Aircraft Service) PT Dirgantara Indonesia. Bola api besar akibat ledakan ini membubung ke langit.

Mujiono, pegawai Nusantara Turbin Propulsi (NTP), anak perusahaan PTDI, mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar 10 menit setelah turun hujan besar. Saat itu, ia berada di hanggar ujung landasan sebelah timur, kira-kira sekitar 200 meter dari gedung ACS.

“Pesawat datang dari arah timur hendak landing. Saya lihat posisinya sudah miring atau oleng. Lalu ia menghantam Gedung ACS dan langsung meledak. Bola api keluar, besar sekali,” tutur Mujiono saat dihubungi Tribun beberapa saat lalu.

Menurut dia, api terus menyala walau hujan turun sangat deras. Hujan baru reda sejam kemudian setelah kejadian. Ia mengaku belum mendapat informasi soal korban jiwa.

dikopas dari kompas.com
===========

ada dua hal nyang patut jadi obrolan:
1. jika ini faktor cuaca, mengapa masih memaksakan terbang?
2. jika ini faktor human error, inikah kualitas garda terdepan keamanan bangsa ini?

About these ads

1 Response to “Cerita Naas Pesawat Fokker F27 TNI AU”


  1. 1 usep April 10, 2009 pukul 10:24 am

    Ketika pesawat mau landing saya saya baru saja keluar dari Gg. Citepus samping SMAN 9 Bandung, hujan sangat deras lalu saya berteduh di sebuah kios di depan SMAN 9 , kurang lebih 10 menit berteduh terdengar suara pesawat dari arah timur mau landing, namun seketika bunyi psawat berhenti dan terdengar ledakan ternyata pesawat itu menabrak Hanggar ACS Pt DI. asap hitam mebumbung ke angkasa. Dan lima menit setelah suara ledakan saya dengan hujan-hujanan menedekati lokasi kejadian dari arah sebelah utara di luar pagar, saya masih melihat asap masih mengepul di atap hanggar dan di luar hanggar dan melihat sebagian onggokan pesawat tersebut hancur. Yang mengetahui saat di luar pagar ; ada tiga pengendara mobil dan saya sendiri bersepeda motor, lalu sesaat kemudian saya pergi dari tempat tersebut saya merasa heran : mengapa pesawat tersebut bisa menabrak hanggar padahal saat itu hujan besar biasa tidak disertai angin kencang ( memang saat itu kabut agak tebal ) yang katanya dengan angin besar akan membuat pesawat oleng; apakah menara kontrol telah memandu pesawat itu untuk turun/mendarat melalui komunikasi dan panduan lampu-lampu pendaratan yang biasanya menyala terang dari mulai arah timur( kuburan sirnaraga sampai ujung landasan dan lampu kiri-kanan di lapangan rumput ? saya tidak tahu persis apa lampu-lampu ini menyala sebagai pemandu pendaratan, terutama pada saat cuaca mendung atau malam hari. Siang haripun bila saya lewat husein lampu-lampu tersebut biasanya menyala ketika pesawat akan mendarat! Mudah-mudah sebab-sebab kecelakaan Pesawat Fokker 27 itu bisa diketahui dan dimasa akan datang tidak terjadi lagi, amiin. Mudah-mudahan keluarga-keluarga prajurit yang gugur yang ditinggalkan mendapat ketabahan dalam menerima cobaan ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 541,978 Orang-orang Baik

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: