Pukat UGM Pasang Bendera Setengah Tiang atas Kasus Antasari

Laporan wartawan KOMPAS Defri Werdiono

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menaikkan bendera setengah tiang atas kasus hukum yang tengah dijalani Ketua Komisi Pemberantas Korupsi Antasari Azhar.

Meski kasus itu hanya melibatkan Antasari sebagai pribadi, menurut Pukat, dampaknya telah dirasakan KPK sebagai sebuah institusi. Kasus ini juga dinilai cukup seksi bagi pelaku korupsi untuk masuk, menawarkan jasa kepada Antasari dengan harapan ada balas budi di kemudian hari.

“Di tengah gencarnya lembaga superbody itu mengungkap sejumlah perkara korupsi, sang nahkoda justru tersandung kasus hukum yang tak ringan. Tentu, hal itu akan menganggu ritme kerja KPK. Kita sebagai masyarakat patut kecewa dan prihatin. Tak salah jika kita kibarkan bendera setengah tiang untuk pemberantasan korupsi,” ujar anggota Pukat, Danang Kurniadi.

Dalam jumpa pers, Senin (4/5) pagi, Pukat mengeluarkan tiga pernyataan sikap. Pertama, mendukung langkah KPK menonaktifkan Antasari Azhar untuk sementara waktu dari jabatan ketua. Kedua, mendesak aparat mengungkap kasus ini secara transparan. Ketiga, mendesak semua pihak terkait mengevaluasi dan merefleksikan kembali model rekruitmen anggota komisi/lembaga negara.

Direktur Pukat Zainal Arifin M mengatakan, kasus Antasari bisa dimanfaatkan oleh mereka yang ingin mendelegitimasi KPK. “Karena itulah, kita harus memberikan dukungan moril kepada KPK untuk bisa menyelamatkan diri. Kita juga harus menyelamatkan pemberantasan korupsi,” ujarnya.

1 Response to “Pukat UGM Pasang Bendera Setengah Tiang atas Kasus Antasari”


  1. 1 airyz Mei 4, 2009 pukul 10:35 am

    fenomenal,,.. bendera setengah tiang.😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 637,137 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: