Indonesia Bisa Ciptakan Mata Uang Emas Gantikan Dolar AS

JAKARTA–MI: Indonesia perlu menjadi inisiator dalam terciptanya rezim moneter baru dengan menerapkan standar mata uang emas guna terealisasinya stabilitas nilai tukar dan menghilangkan ketergantungan terhadap dolar AS.

Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Drs. Agustianto, MA di Jakarta, Rabu (6/5), mengatakan, pola mata uang yang diterapkan Indonesia dan beberapa negara di Asia saat ini sangat tergantung terhadap dolar AS sehingga menyebabkan nilai tukar sering mengambang
(floating exchange).

Itu mengakibatkan nilai tukar mata uang beberapa negara di Asia tidak pernah mengalami stabilitas moneter dan berbeda antarnegara.

Kondisi itu sangat menguntungkan spekulan dengan mempermainkan jumlah uang yang beredar guna mendapatkan nilai tukar yang ditargetkan.

Indonesia, tambah dia, dapat menerapkan konsep standar mata uang emas itu bekerja sama dengan negara tetangga yang ingin mewujudkan stabilitas nilai tukar.

Meski memerlukan waktu dan kerja keras tapi hal itu dapat dilakukan sebagaimana yang terjadi di kalangan negara Eropa yang memberlakukan Euro.

Negara-negara Eropa itu, khususnya Eropa Timur, telah belajar dari pengalaman yang stabilitas ekonominya sering tidak menentu akibat sangat tergantung dengan dolar AS.

“Akhirnya, negara-negara Eropa itu berhasil mengatasi ketergantungan mereka sehingga berani mengucapkan goodbye dollar,” katanya. (Ant/OL-04)

0 Responses to “Indonesia Bisa Ciptakan Mata Uang Emas Gantikan Dolar AS”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Quote of The Day

Just because you can’t do everything doesn’t mean you shouldn’t do something.
(Earl Nightengale)
Visit Zenk's Life

Nyang Gi Baca Cerita

web stats

Kategori Cerita

Cerita Lama

Cerita Stats

  • 636,712 Orang-orang Baik

%d blogger menyukai ini: